Wakil Bupati Buka Acara Hari Statistik Nasional 2018 di PPU

Penajam, Wakil Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Hamdam buka kegiatan sosialisasi tentang public expose dalam rangka hari statistik nasional Tahun 2018 dengan tema, data tingkatkan prestasi  bangsa yang dilaksanakan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten PPU di Pemkab PPU, Kamis, (26/9/2018).

 

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Dandim 0913 Letkol Inf Mahmud, Kepala BPS PPU, Syahruni, perwakilan Kapolres PPU dan sejumlah kepala SKPD dilingkungan PPU. Sosialisasi ini juga diikuti oleh sejumlah Dinas Instansi, lembaga perbankan dan perwakilan perusahaan dan masyarakat di Kabupaten PPU.

 

Dalam kesempatan ini Hamdam mengatakan kegiatan statistik sangat penting dilaksanakan, namun suksesnya kegiatan statistik jika didukung oleh seluruh komponen pemerintah maupun masyarakat di daerah. Statistik juga merupakan penghasil data akurat yang mampu memberi daya dukung terhadap percepatan pembangunan di Kabupaten PPU saat ini dan kedepan.

“ Dengan data kita bisa melihat kekurangan dan kelebihan daerah kiita, dengan data dapat melihat potensi yang dimiliki yang akan kita kembangkan, dengan data kita bisa melihat tantangan yang akan dihadapi daerah kemudian dengan data juga kita mampu mencari solusi untuk berbagai persoalan pembangunan yang sedang dihadapi yang pada akhirnya kemajuan pembangunan di Kabupaten PPU dapat diraih. Dengan demikian data statistik merupakan strategis yang wajib dipenuhi dalam rangka menuju pembangunan di daerah,” kata Hamdam.

 

Ditambahkan Hamdam, penyelenggara statistik terbagi tiga masing-masing statistik dasar dilaksanakan oleh BPS seperti sensus penduduk, survei pertanian, survai pembangunan dan sebagainya yang bersifat makro atao luas, kemudian statistik sektoral dilaksanakan oleh dinas instansi seperti data pasien oleh rumas sakit, data siswa oleh guru dan sebagainya yang bersifat mikro. Kemudian statistik kusus yang dilakukan lembaga kusus atau tertentu seperti badan PBB dengan data yang dihasilkanpun bersifat khusus.

“Ketiga unsur statistik tersebut diharapkan dapat saling melengkapi dan menyempurnakan karena betapa pentingnya data statistik dalam mendukung  pembangunan di Kabupaten PPU,”jelasnya.

 

Sementara itu dalam kesempatan ini Kepala BPS PPU Syahruni mengatakan bahwa kegiatan tersebut terlaksana bekerja sama dengan Pemerintah Derah melalui Dinas Kominfo kabupaten PPU. (Helena/Humas6)