SEKDA : TANTANGAN BESAR DIHADAPI PEMUDA KALIMANTAN

PENAJAM, Sekretaris Daerah  (Sekda) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Tohar hadiri pelantikan Pengurus Gerakan Pemuda Asli Kalimantan (Gepak) Cabang Kabupaten PPU Periode 2019-2024 di Gedung Graha Pemuda Kilometer 09 Nipah-nipah, Senin, (25/3) pagi. Kegiatan ini juga dihadiri oleh  Pengurus Besar Gepak Kalimantan Abraham Ingan beserta beberapa DPC GEPAK Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur (Kaltim).

Dalam sambutannya Tohar mengatakan Gepak sebagai organisasi pemuda, sejatinya merupakan tulang punggung bangsa, harapan bangsa, masa depan bangsa dan generasi penerus bangsa.

Dikatakan Tohar,  pemerintah daerah mengapresiasi adanya organisasi pemuda yang memiliki tujuan mulia di Bumi Kalimantan ini. Dengan adanya organisasi pemuda seperti Gepak, semua berharap agar seluruh jajaran pemuda asli Kalimantan dapat merapatkan barisan untuk berkontribusi dalam pembangunan, serta berjuang untuk mengangkat harkat dan martabat masyarakat Kaltim khususnya masyarakat Kabupaten PPU.

“ Saya berharap organisasi ini dapat menjadi wadah untuk selalu merekatkan tali silaturahmi tanpa membedakan suku, agama, ras ataupun golongan, serta memelihara persatuan dan kesatuan serta perdamaian di Bumi Benuo Taka,” Kata Tohar..

Tantangan besar yang dihadapi oleh para pemuda Kalimantan lanjutnya, yaitu tantangan dalam menghadapi bonus demografi dan tantangan dalam menjaga, memanfaatkan, dan memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh pulau Kalimantan. Pulau yang memiliki beragam kekayaan, baik itu kekayaan budaya, flora dan fauna, serta sumber daya alam yang melimpah.

Dengan potensi dan keunikan yang dimiliki pulau Kalimantan, menjadi tugas dan kewajiban bersama, untuk terus menjaga, memanfaatkan, dan memaksimalkan, untuk kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Kalimantan, serta untuk kemashlahatan hajat hidup orang banyak.

“ Untuk itu, saya mengajak Gerakan Pemuda Asli Kalimantan, untuk bergerak bersama membina dan memaksimalkan potensi pemuda dalam menjalankan tugas dan kewajiban bersama ini,” tutupnya.

Sementara itu Ketua Gepak Kaltim, Abraham Ingan dalam arahannya mengatakan bahwa dirinya memberikan apresiasi kepada seluruh pengurus cabang Gepak dimanapun berada termasuk di Kabupaten PPU. Berbagai prestasi telah disumbangkan patut memperoleh apresiasi bersama.

“ Gepak harus terus berperan aktif dalam mewujudkan pembangunan daerah ini termasuk di Kabupaten PPU,”pintanya.

Lanjut Abraham, Kalimantan Timur merupakan bagian dari NKRI yang memiliki kedaulatan sama di tanah air ini. Namun faktanya besarnya kekayaan yang ada di Kaltim belum bisa dirasakan sepenuhnya oleh masyarakat Kaltim.

“Kedepan tantangan besar kita hadapi  dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat kaltim. Peran Gepak diharapkan mampu menjadi penggerak bagi kesejahteraan masyarakat di Kaltim ini khususnya,” tutupnya. (Humas6/Helena)