Sekda Pimpin Langsung Penanganan Karhutla Hari Ini

PENAJAM – Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kawasan Hutan Kota RT 07 Kelurahan Nipah – nipah, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) berhasil di padamkan, Rabu (05/09) sekitar pukul 11.45 Wita.
Diketahui, kebakaran tersebut terjadi sejak Selasa (04/09) sore. Tidak hanya di Kawasan Hutan Kota yang terjadi Karhutla namun terdapat tempat lainnya yakni di RT 08 Gunung Steleng dan kawasan pondok Belanda, namun kedua tempat tersebut berhasil dipadamkan.
Dalam pemadaman itu, puluhan personel gabungan yang terdiri dari BPBD PPU, Polres PPU, Kodim 0913/PPU, Satpol PP serta Pemadam kebakaran turun langsung menangani kebakaran hutan tersebut. Bahkan, Sekertariat Daerah (Sekda) PPU Tohar turun langsung ke lokasi kebakaran memimpin penanganan pemadaman api.
Dikatakan Sekda PPU Tohar, kendala yang dialami dalam menangani kebakaran di Kawasan Hutan Kota ini dikarenakan tidak ada akses jalan untuk menembus masuk ke lokasi kebakaran.
“Memang awalnya yang sulit, karena akses jalan menuju ke lokasi titik api tidak dapat dilewati oleh kendaraan roda empat maupun roda dua. Apalagi Pada saat di cek di sekitaran lokasi itu tim tidak menemukan adanya potensi air,” ujarnya.
Dengan demikian lanjut Tohar, tim gabungan mencari cara agar dapat melakukan pemadaman di lokasi kebakaran itu dengan membuat kolam penampungan air dan menggunakan ratusan meter selang serta tim harus membawa pompa portabel agar pemadaman dapat dilakukan.
“Sehingga kita membuat alternatif pilihan, jadi tim berbagi tugas ada yang membuat jalur masuk kedalam, melakukan sekat pada lokasi yang belum terbakar, sambil itu berjalan tim pemadam mengisi air ke kolam penampungan air yang telah dipersiapkan, kemudian menggunakan Alkon kembali dan langsung melakukan penyemprotan ke titik api,” jelasnya.
Ditambahkannya, diperkirakan luas kebakaran yang terjadi di lokasi tersebut mencapai 10 hektar lebih. Ia juga menginstruksikan kepada seluruh Camat se-kabupaten PPU agar melakukan sosialisasi dan memberikan himbauan kepada seluruh masyarakat agar dapat mencegah terjadinya Karhutla.
“Saya sudah sampaikan kepada seluruh Camat se-kabupaten PPU agar melakukan sosialisasi ataupun himbauan kepada seluruh masyarakat agar tidak membuka hutan dan lahan dengan cara dibakar,” pungkasnya. (Fadli/Helena)