Press Release Akhir Tahun 2017 Polres PPU

Penajam, Kepolisian Resort Penajam Paser Utara (Polres PPU) menggelar Jumpa Pers bersama awak media pada hari Rabu, (27/12) di Ruang Media Center Mapolres PPU dan dipimpin langsung oleh Kapolres PPU AKBP Sabil Umar di dampingi oleh Wakapolres Nina Ike Herawati dan dihadiri oleh seluruh jajarannya.

Sabil Umar mengatakan bahwa junpa pers ini dilaksanakan sebagai bentuk pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Adapun tujuan press rilis ini adalah untuk menginformasikan kepada Masyarakat luas apa saja yang telah dilakukan oleh Polres PPU selama tahun 2017.” Jelasnya.

Dalam Press Rilis yang dibacakan langsung oleh Kapolres Sabil Umar, dijelaskan beberapa hal diantaranya penyerapan anggaran, situasi dan kekuatan satuan Polres PPU,  analisa dan evaluasi kasus narkoba tahun, analisa dan evaluasi kasus kecelakaan lalu lintas, analisa dan evaluasi pelanggaran lalu lintas, analisa dan evaluasi kasus kriminal, analisa kasus pelanggaraan indisipliner anggota polres ppu, data penanganan kasu kebakaran hutan dan lahan, dan juga memaparkan inovasi-inovasi yang telah dilakukan oleh Polres PPU.

Untuk penyerapan anggaran ditahun 2017, dari total pagu anggaran tahun 2017 Rp. 39.952.435.00,- telah terserap dana sebesar Rp. 4.130.984.215,- atau dengan persentase sebanyak 89,79 persen dengan situasi dan kekuatan satuan sumber daya manusi Polres PPU ditahun 2017 sekitar 417 Personel yang terbagi di empat Kepolisian Sektor (polsek) dan di Mapolres sendiri.

Untuk beberapa analisa dan evaluasi kasus, beberapa kasus yang mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun 2016 adalah kasus narkoba mengalami penurunan sebanyak tiga kasus dari 55 kasus menjadi 52 kasus, kasus kecelakaan lalu lintas mengalami penurunan sebanyak 7 kasus dari 43 kasus menjadi 36 kasus, kasus kriminal menurun sebanyak 2 kasus dari 132 kasus menjadi 130 kasus, kasus pelanggaraan indisipliner anggota polres ppu menurun sebanyak 22 kasus dari 37 kasus menjadi 15 kasus.

“Pelanggaran yang dilakukan oleh Anggota Polres PPU menurun karena telah dilakukan pembenahan pada sistem pembinaan personil terutama Bidang Pembinaan Karier serta Bidang Pengawasan dimana tidak ada lagi toleransi kepada Anggota yang melanggar aturan” ungkap Sabil Umar.

Sementara itu, tambah Sabil Umar, kasus yang meningkat pada tahun 2017 dibandingkan tahun 2016 adalah Pelanggaran Lalu Lintas dari Jumlah Tilang 3196 kasus menjadi 4160 kasus. Jumlah teguran 3003 naik menjadi 9692 kasus.

“Pelanggaran lalu lintas mengalami kenaikan sebanyak 984 pelanggaran, hal ini dikarenakan adanya operasi simpatik dengan memberikan teguran lisan maupun tertulis dan upaya-upaya lain dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.” tambahnya.

Sementara untuk keberhasilan dan inovasi-inovasi yang dilakukan oleh Polres PPU adalah Gerakan Peduli Lingkungan (GPL), Patroli Wajib Ketemu Tokoh (Waketok), SIM Delivery, Rumah Bhabinkamtibmas (Lou Babin), Pos Kawasan Anti Narkoba (Pos Kawan), Rabu Kunjung Tokoh Adat (Rakuat), PPU Menyapa, Jumat Sholat Keliling Mesjid (Jolalimas).

GPL maerupakan kegiatan sosial yang diwujudkan dengan cara membantu masyarakat yang kurang mampu yaitu dengan cara melakukan perbaikan rumah, tempat tinggal atau tempat pendidikan dan sekolah-sekolah yang sudah rusak dan perlu perbaikan. Kegiatan sosial ini dilakukan dengan cara bergotong royong antara masyarakat sekitar dengan semua anggota Polres PPU secara bersama-sama, dengan tujuan untuk menjalin hubungan baik dan kerjasama dengan masyarakat sehingga komunikasi antara polisi dan masyarakat berjalan harmonis dan kegiatan yang memberikan dampak sosial kepada masyarakat yang tidak mampu (Polisi sebagai sosok yang Humanis).

Kegiatan GPL yang sudah dilaksanakan yaitu Program Bedah Rumah sebanyak 8 kali yaitu Rumah Bapak Sukio di RT. 10 Desa Rawa Mulia Kec. Babulu, Rumah Ibu Sri Haryanti RT. 09 Desa Bangun Mulya Kec. Waru, Rumah Bapak Sahrun RT.07 Dusun 1 Desa Girimukti Kecamatan Penajam, Rumah Bapak Khairuddin RT. 01 Kel. Maridan Kec. Sepaku, Rumah Mbah Sami RT. 30 Desa Babulu Darat Kecamatan Babulu, Rumah Ibu Ati Handayani RT. 09 Kel. Gersik Kec. Penajam, Rumah Bapak Tulung RT. 06 Kel. Nenang Kec. Penajam. (Helena)