LARUNG JAKIT AKHIRI PROSESI RITUAL BELIAN ADAT PASER 2017

Penajam, Setelah Sepekan digelar akhirnya Ritual Belian Adat Paser Tahun 2017 Kabupaten Penajam Paser Utara (Kab. PPU) diakhiri dengan prosesi Larung Jakit di Sungai Sesumpu Penajam, Rabu (25/10) dihadiri oleh Wakil Bupati PPU, Mustaqim, Ketua Lembaga Adat Paser, Musa, Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, Yogyana, Ketua DPC PBNU Ustadz Kyai H. Syamsul Hadi Yusuf, Danramil Penajam, Unsur Polres PPU, dan sejumlah perwakilan Paguyuban Kesukuan, Organisasi Kemasyarakatan  (ormas) dan sekolah-sekolah baik dari wilayah Kab. PPU maupun Kab. Paser dan Balikpapan.

 

Larung Jakit merupakan ritual akhir prosesi Ritual Belian Adat Paser, yaitu sebuah ritual menghanyutkan sebuah rakit kayu berukuran besar dengan ornamen kepala dan ekor buaya yang telah dihiasi dengan janur pohon nipah, dan didalamnya diletakkan beberapa jajanan dan makanan khas tradisional Suku Paser sebagai simbol ungkapan syukur dan harapan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rejeki, berkah, keselamatan dan keamanan Kab. PPU dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Wakil Bupati dalam sambutannya mengatakan bahwa Ritual Belian Adat Paser bukan saja milik Masyarakat tertentu. Akan tetapi merupakan milik semua Masyarakat Kab. PPU karena telah mampu merangkut semua etnis suku, semua agama, semua ormas, dan semua komunitas.

“Persatuan dan Kesatuan adalah modal dasar kita dalam membangun. Maka dari itu kebersamaan seperti ini harus senantiasa kita jaga. Saya berharap dalam setiap kegiatan-kegiatan seperti ini, kita semua harus mau turun dan terlibat. ” harap Mustaqim.

 

Mustaqim meminta kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata agar kedepan even Ritual Belian Adat Paser ini dapa dikemas sedemikian rupa agar bisa menarik wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara.

“Di luar negeri tidak ada acara seperti. Ini adalah sebuah acara yang menarik untuk dijual jika dikemas sebaik mungkin. ”¬† pungkasnya. (Helena)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *