Pengurus Persekutuan Dayak Kaltim PPU Dilantik

Penajam, Persekutuan Dayak Kalimantan Timur (PDKT) merupakan induk yang besar menjadi pengayom dan perekat keluarga besar Dayak Kaltim, apa lagi jika dikaitkan dengan tema yang sesungguhnya, inilah esensinya, selain banyak persoalan-persoalan daerah berpotensi mengkerdilkan keberadaan semua organisasi, hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Drs.  H. Tohar, MM pada Pengukuhan Pengurus PDKT Kabupaten PPU, di Aula Kantor Bupati, Rabu (10/1).
“Mari kita kedepankan tujuan mulia ini, terkait dibentuknya kepengurusan organisasi PDKT, kita jangan tergerak untuk menjadi bagian dari kelompok-kelompok kepentingan sesaat yang bersifat pragmatis, mari kita kedepankan untuk tujuan mulia yang lebih besar, bagaimana agar kita mampu memperoleh kehidupan dengan harkat dan martabat yang sama dengan komponen masyarakat yang lain,” ajak Tohar.

Organisasi lanjutnya bayak sekali di daerah ini, organisasi masyarakat atau kemasyarakatan yang nuansanya etnik banyak, organisasi kemasyarakatan yang nuansanya keagamaan banyak, organisasi-organisasi komedi juga banyak, itu tidak masalah karena semuanya dijamin oleh konstitusi, untuk bisa berkumpul berserikat menuangkan pendapat.
“Namun demikian mari kita sepakat jangan keluar dari bingkai konstitusi, kita merupakan bagian terdepan dalam rangka bingkai Negara Kesatuan Republlik Indonesia (NKRI), Negara kita kebetulan dibentuk di atas kebhinnekaan, ini yang harus kita sadari benar, kalau tidak Bhinneka bukan Indonesia, kita sangat menyadari itu sehingga pilar-pilar kebangsaan yang banyak itu yang dikedepankan, salah satunya kebhinnekaan untuk dirawat, dipelihara, karena itu jati diri bangsa kita,” terangnya.

Sekretaris Umum PDKT Provinsi Kaltim E Thamus Bodjer menambahkan, pelantikan Pengurus PDKT Kabupaten PPU merupakan pelantikan yang ke 7 dari 10 organisasi PDKT Kabupaten/kota yang ada di Kaltim. Pihaknya akan mengaktifkan semua pengurus cabang yang ada di Kaltim, tujuannya agar Persekutuan Dayak di Kaltim ini betul-betul dapat mengayomi, dapat menjalin semua komponen masyarakat di Kaltim ini bersama dengan etnis-etnis Dayak terutama yang berhubungan dengan bagaimana agar dapat meningkatkan taraf kehidupan masyarakat kedepan.
“Tentunya kita harus berdampingan dengan masyarakat yang lain di Kaltim secara khusus masyarakat Dayak supaya bisa bersama-sama terlibat dalam segala aspek kemajuan pembangunan yang ada di Kaltim ini,” ungkapnya.

Ketua Umum PDKT Cabang Kabupaten PPU terpilih Karyadi Iyah dalam sambutannya berjanji bersama-sama dengan anggotanya untuk mensukesekan Pilkada Bupti/Wakil Bupati PPU dan gubernur/wakil gubernur Kaltim, ia mengatakan siapapun terpilih menjadi Kepada daerah di Kabupaten PPU dan Kaltim nantinya adalah milik bersama rakyat. (Helena Lin Legi)