Penajam Utama FC Jawara Soeratin Indonesia U-17 Tahun 2017

Sleman, Tim Penajam Utama FC secara luar biasa sukses keluar sebagai Jawara Piala Soeratin U-17 2017 usai kalahkan Persita Tangerang di partai final lewat skor 3-2, di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (28/10) malam WIB.

Gebrakan langsung diberikan Penajam Utama FC, yang merupakan underdog turnamen, usai kick-off dilakukan. Skema itu pun memberi efek kejut buat Persita, dengan punggawa mereka dibuat tegang.

Tak pelak gol cepat untuk Penajam Utama FC pun lahir ketika pertandingan baru berjalan tiga menit. Berawal dari kemelut yang dihasilkan dari umpan Ananda Ray Jayadi, Gugun Syaiful Rahman sigap menguasai bola untuk langsung lepaskan tembakan menyusur tanah yang menembus jala Persita. Penajam Utama pun unggul 1-0.

Berada di atas angin, Penajam Utama tak lantas menurunkan ritme permainan cepatnya. Gelombang serangan terus dilancarkan tim asuhan Subianto yang membuat lini belakang Persita kalang kabut.

Memasuki menit ke-13, Penajam Utama berhasil menggandakan keunggulan. Adalah sang penyerang enerjik, Muhammad Ramli, yang memaksimalkan umpan lambung rekannya untuk membawa tim asal Kalimantan Timur itu unggul 2-0.

Baru setelah tertinggal dua gol, Persita mulai bisa mengorganisasi permainannya. Dua peluang emas didapat melalui tandukan Muhamad Epul Paisal di menit ke-26 dan tembakan Fergie Dimas Azzuri pada menit 35. Sayang tak ada yang menemui sasaran dan skor 2-0 untuk Penajam Utama bertahan hingga turun minum.

Paruh kedua sepenuhnya jadi milik Persita yang butuh gol untuk mengejar ketertinggalan 2-0. Skema penyerangan lewat sayap diperagakan tim asuhan Wawan Hermawan, yang sukses membuat lini belakang Penajam Utama kerepotan.

Peluang demi peluang lantas didapat oleh Persita. Pertama melalui tembakan spekulasi Diky Riansyah pada menit ke-54, yang sialnya masih tipis melebar di sisi kanan gawang kiper Penajam Utama, Samir Fadiansa.

Memasuki menit ke-62, Penajam Utama terpaksa bermain sedikit keras untuk membendung kecepatan para penyerang Persita. Konsekuensi pun ditanggung, dengan seringnya Persita dihadiahi tendangan bebas jarak dekat.

Melalui situasi tersebut, Persita sukses memperkecil kedudukan jadi 2-1 pada menit ke-70. Adalah Andi Irawan yang mencatatkan namanya di papan skor, lewat tendangan bebas cantik dari jarak 28 yard.

Sayang, meski konsisten melancarkan tekanan, Persita pada akhirnya gagal menambah gol. Justru Penajam Utama FC yang sanggup menjauh 3-1 pada menit ke-82, melalui gol Beivyanus, memaksimalkan assist Arya Putra Lawolo.

Persita memang sempat hadirkan harapan melalui gol Dimas Yuanito berkat blunder kiper Penajam Utama FC, Samir Fadiansa, satu menit jelang laga usai yang mengubah kedudukan jadi 3-2. Namun skor itu bertahan hingga pertandingan rampung, yang memastikan Penajam Utama FC keluar sebagai Jawara Piala Soeratin U-17 2017. (Helena)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *