Pemkab PPU Kirim 17 Truk Bantuan Logistik Untuk Sulteng

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Peduli bencana Sulawesi Tengah. Hal tesebut ditunjukkan dengan pengiriman bantuan yang dilepas oleh Bupati PPU H. Abdul Gafur Mas’ud (AGM) di halaman Kantor Bupati Senin (15/10) didampingi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kab. PPU Drs. H. Tohar, MM, Komandan Kodim 0913/PPU Mahfud, Kapolres PPU Sabil Umar, Kajari PPU Darfiah, Komandan Kompi C Raider Petung Hazmi, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kab. PPU Andi Dahrul, Asisten 1 Setda Kab. PPU Suhardi, Asisten III Setda Kab. PPU Alimuddin, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kab. PPU H. Herlambang, Kepala Bagian Umum Setda Kab. PPU Rozihan Asward

Sekda Tohar selaku Kepala BPBD (ex-officio) Kab. PPU mengatakan bahwa bantuan ini adalah kali kedua setelah sebelumnya pengiriman 5 Unit Truk. Kali ini jumlah bantuan adalah sebanyak 17 truk bantuan permakanan dan logistik hasil dan penggalangan bantuan sejak tanggal 5/10 hingg 14/10.

“dana yang terhimpun dari posko induk yang sumbernya dari seluruh komponen masyarakat Kabupaten PPU bernilai Rp. 288,448 Juta dikonversikan ke beras sebanyak 20 ton, biaya mobilisasi dan bantuan lainnya. Mengapa di koversikan ke beras? Pemerintah mengambil langkah bahwa beras yang ada di petani banyak yang belum terserap oleh Bulog Kabupaten PPU. Dan dengan pembelian beras kali ini, semua beras petani Alhamdulillah terserap habis dan ini kita salurkan sehingga baik petani dan korban bencana mendapat kemaslahatan.” Ungkap Tohar.

Tohar juga menambahkan, selain beras, bantuan yang dikirim terdapat pula bahan makanan, minuman, pakaian dan obat-obatan, 121 doz mi instan, 100 doz air mineral, 10 doz susu bayi, 16 doz pempers bayi, 9 paket obat-obatan, 9 lembar terpal, 10 lembar karpet, pakaian 1.605 karung dan sejumlah beras yang diberikan langsung oleh masyarakat secara natura sebanyak 1.450 kilogram.

Dikesempatan yang sama Bupati PPU AGM menyampaikan ungkapan terimakasih kepada seluruh elemen Masyarakat Kab. PPU yang telah menyisihkan rezekinya membantu saudara-saudara yang tertimpa bencana gempa dan tsunami di Sulteng.

“sebagaimna kita ketahui bahwa tiap-tiap saudara kita mengalami musibah laksana diri kita pula yang mengalami sakitnya, mereka disana tentu merasakan musibah itu dalam perasaan yang sangat tidak nyaman, dengan demikian kita pun di PPU harus ikut merasakannya. Di rumah jabatan Bupati setiap malam diadakan doa bersama untuk saudara-saudara kita yang tertimpa musibah, dengan ini semoga apa yang telah kita berikan dapat meringankan beban mereka, pemerintah dan masyarakat Kab. PPU mendapatkan keberkahan dari  Allah SWT,” harap AGM. (Helena)