Pemkab PPU Ikut Vicon Serentak Pilgub dan Pilbup 2018

Penajam, Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Yusran Aspar mengikuti Video Conference yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam rangka pemantauan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati PPU.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Sekda PPU Tohar, Kepala Dinas Kominfo Budi Santoso, Kepala Kesbangpol Rahman Nurhadi, dan Kepala Bagian Pemerintahan Sardi. Kegiatan tersebut berlangsung diruang rapat Bupati PPU, Rabu (27/06).

Pada kesempatan itu Bupati PPU Yusran Aspar melaporkan kepada Kemendagri mengenai kondisi dan hasil pemantauannya di lapangan bahwasannya pelaksanaan pencoblosan yang diselenggarakan pada hari ini berjalan dengan lancar tertib dan aman.

“Mulai pagi tadi kita sudah mendapatkan kunjungan dari Kasdam dan Wakapolda Kaltim ke PPU, saat ini masih dalam pelaksanaan dan mudah-mudahan sampai pada batas waktunya nanti proses pencoblosan akan berjalan dengan lancar, dapat kami laporkan semuanya mengenai tugas tugas yang diberikan kepada pemerintahan daerah Kabupaten PPU. Alhamdulillah dapat kita laksanakan dengan baik berupa daya dukung dan anggaran kemudian daya dukung dari Instansi baik dari Instansi vertikal maupun Instansi terkait seperti Polres dan Kodim serta yang lainnya itu semuanya telah bersinergi dengan baik,” ungkapnya.

Selain itu, Yusran juga melaporkan jumlah daftar pemilih tetap di PPU ada 118.579 jiwa, Yang tersebar di 4 PPK dan 54 PPS dan 340 TPS. Kalau soal yang berkaitan dengan transportasi, Insya Allah berjalan dengan lancar, dan untuk surat suara juga telah didistribusikan dengan baik.

Pada kesempatan yang sama, Kemendagri RI Telah memberikan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten PPU yang telah memberikan dukungan terhadap penyelenggaraan sehingga proses pemungutan suara dapat berjalan dengan lancar.

Terlepas dari itu, Sekda PPU Tohar Menambahkan terkait dengan pelaksanaan Pemilukada Yang dilaksanakan pada hari ini, Alhamdulillah untuk Pilkada di PPU dapat terbilang aman, karena sejak pagi PPU telah mendapat kunjungan, baik itu dari Kasdam maupun Wakapolda.

Beberapa TPS yang telah dikunjungi, dirinya dapat menyatakan bahwasannya pilkada yang sedang berjalan saat ini aman dan berjalan lancar, ia juga berharap di masing – masing TPS lainnya sama dengan sedemikianrupa.

Ia juga menyampaikan kepada warga PPU yang memiliki hak pilih kiranya dapat meluangkan waktu menuju ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya baik dalam Pilgub Kaltim maupun Pilbup PPU. Momen pesta demokrasi seperti ini dalam memilih boleh berbeda dan kecenderungan boleh tidak sama, namun semua tetap satu sebagai warga PPU.

“Mari kita ciptakan Pilkada aman dan damai, karena itu merupakan kebutuhan kita semua bagi suksesnya pesta demokrasi di kabupaten PPU. Kami juga menyampaikan kepada seluruh aparat yang terlibat dimana berkat kesiapsiagaan mereka mulai dari KPU, PPS dan KPPS, kemudian di suport dengan baik mulai itu dari Deks Pilkada unsur kepolisian dan TNI atas sinergitas nya yang luar biasa,” pungkasnya. (Fadli/Helena)