Pemkab PPU Gelar Rakor Tanggap Bencana Sulteng

PENAJAM – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menggelar Rapat kordinasi peduli bencana gempa bumi dan tsunami yang terjadi beberapa hari lalu di Donggala dan Palu,  Sulawesi Tengah.
Rapat tersebut dihadiri oleh Kabag Kesra Setkab PPU Herlambang, Kepala Diskominfo PPU Budi Santoso, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan BPBD serta instansi terkait lainnya.
Dalam rapat kordinasi itu, Pemkab PPU akan membuka posko peduli yang bertempat di halaman kantor Setkab PPU.
Kepala Diskominfo PPU Budi Santoso, mengatakan apa yang dilakukan pemerintah setempat merupakan salah satu upaya dalam bentuk kepedulian atas bencana alam yang menimpa saudara- saudara kita yang berada di Sulawesi Tengah.
Ia juga menyampaikan kepada seluruh masyarakat PPU yang ingin menyalurkan bantuan berupa dana maupun logistik dapat memberikan langsung kepada petugas yang menjaga Posko tersebut.
“Posko peduli bencana itu dibuka mulai pukul 08.00 – 22.00 selama dua minggu, terhitung dari 1-14 Oktober 2018. Apabila masyarakat yang ingin menyumbangkan dana maupun logistik lainnya silahkan datang ke Posko,” ujarnya.
Selain itu, Pemkab PPU juga akan mengirimkan relawan yang di kordinir langsung oleh Bagian Kesra Setkab PPU. Relawan yang akan dikirim harus memiliki skil sesuai dengan kateristik yang dibutuhkan.
Ditambahkan, dalam Rakor tersebut pemberangkatan relawan memiliki dua mekanisme yang telah di sepakati bersama.
“Ada dua mekanisme yang kita sepakati, yang pertama bagi relawan komunitas silahkan berangkat, kemudian yang kedua Pemkab PPU akan menghimpun dan memberangkatkan tim medis sebanyak enam orang yakni dia orang dokter dan empat perawat, kami juga berencana membawa dua unit mobil ambulans agar dapat membantu tenaga medis lapangan disana,” pungkasnya.  (Helena/Fadli)