Pelayanan Prima, Disdukcapil Terapkan 3 in 1

Penajam, Dalam rangka mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Penajam Paser Utara (Kab. PPU) berupaya terus berinovasi tiada henti dengan melakukan berbagai upaya. Salah satunya adalah upaya mempermudah masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan yaitu dengan menerapkan sistem pelayanan Three in One (3 in 1).

 

Kepala Disdukcapil, Suyanto mengatakan, sistem pelayanan 3 in 1 merupakan pelayanan terpadu antara Disdukcapil dengan Rumah Sakit Umum Daerah dimana pelayanan tersebut berupa layanan pembuatan Akta Kelahiran, layanan Kartu Identitas Anak (KIA), serta layanan penggantian Kartu keluarga bagi anak yang baru lahir dilaksanakan sekaligus.

“Ketika ada kelahiran baru di rumah sakit, masyarakat cukup mengurus segala kelengkapan administrasi tersebut di posko terpadu yang ada rumah sakit sehingga tidak perlu bolak balik dari rumah sakit ke Disdukcapil” kata Suyanto.

 

Menurut Suyanto, walau tidak segencar sebelumnya dikarenakan keterbatasan anggaran di Disdukcapil, namun pengurusan KIA tetap diutamakan, walaupun adanya layan ini. Termasuk pelayanan jemput bola KIA ke sekolah-sekolah. (Helena)