Mustaqim Buka Sosialisasi PTSL

Penajam, Dalam rangka meningkatkan pemahaman terhadap tertib administrasi dalam sistem pendaftaran tanah bagi Camat, Lurah, Kades, aparatur kelurahan dan desa Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (Kakanwil) Kaltim menggelar Sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan Pendampingan Pengelolaan Anggaran Dana Desa (ADD) tahun 2017 di aula lantai 3 Kantor Bupati, Selasa (8/8) dan dibuka oleh Wakil Bupati PPU, Mustaqim. MZ.

Dalam kesempatan itu, Mustaqim menyampaikan bahwa salah satu solusi agar meminimalisasi konflik pertanahan adalah dengan penguatan dan penertiban administrasi pertanahan dalam sistem pendaftaran tanah dan kepastian hukumnya yang dikelola dalam sistem informasi pertanahan lengkap.

Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (Kakanwil) Kaltim Dr. Mazwar, SH., MH dalam sambutannya menyampaikan bahwa fokus PTSL di Kaltim adalah pembuatan sertifikat tanah walaupun sebenarnya program PTSL tidak hanya mengenai sertifikat tanah saja.

Sehubungan dengan hal tersebut, sosialisasi PTSL menjadi salah satu solusi untuk memberikan pemahaman bagi aparatur terkait dalam meminimalisasi terjadinya konflik-konflik pertanahan khususnya di PPU. Selain itu, dengan program PTSL diharapkan dapat memberikan kepastian hukum dan perlindungan hukum kepada pemegang hak atas suatu bidang tanah serta terciptanya pelayanan prima dan optimal kepada masyarakat di bidang pertanahan.

Ia menambahkan bahwa PTSL juga gratis untuk masyarakat. Dalam hal ini yang dimaksud gratis adalah bebas biaya untuk semua kegiatan dan tahapan yang dilakukan oleh BPN. Sedangkan untuk surat keterangan, pernyataan, materai, patok tanda batas serta dokumen lainnya yang diperlukan harus ditanggung sendiri oleh yang bersangkutan. Selain gratis PTSL juga mudah karena masyarakat tidak lagi perlu datang ke BPN karena petugas dari BPN yang nantinya akan mendatangi desa untuk pendaftaran tersebut.

“Kepada seluruh peserta yang hadir dalam kegiatan sosialisasi ini saya harapkan untuk benar-benar mengikuti dan memahaminya. Saya tidak mau kegiatan ini hanya dijadikan ajang seremonial tapi harus dapat bermanfaat dan dapat diimplementasikan dengan sebaik-baiknya dalam kerja baik itu di kecamatan, kelurahan maupun di seluruh desa di PPU,” Mustaqim menambahkan.

Kegiatan ini dihadiri Kakanwil BPN Kaltim, Kepala Kejaksaan Negeri Kab. PPU, Asisten 1 bidang Pemerintahan, Pejabat di lingkungan Pemkab, aparat kecamatan dan kelurahan di PPU. (Helena)