Kunker Pansus III DPRD Kota baru

 

Penajam – Kunjungan Kerja Pansus III Dewan Perwakilan Republik Daerah (DPRD) Kota Baru ke Sekretariat Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara (Setkab PPU) dalam hal ini di dampingi oleh Bagian Hukum Setkab PPU dan Alimuddin Kepala Badan Pengawasan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbang) PPU di Ruang Rapat Bupati (23/1).

Pansus III DPRD tertarik dengan inovasi dari Dinas Pekerjaan Umum  yaitu dengan adanya UPT PU Kecamatan di setiap kecamatan.

Pembangunan di tiap daerah-daerah yang letak geografisnya jauh sangat terbantu dengan adanya UPT PU Kecamatan sehingga pelaksanaannya lebih efektif, efisien dan menghemat anggaran tentunya.

UPT PU Kecamatan diperkuat dengan berupa alat berat dan ada personil SDM nya. Keunggulan dari UPT PU Kecamatan yaitu kecepatan respon dari pengaduan masyarakat, efisien waktu, sumber dana tidak terbatas yang bekerja sama dengan dana ADD dan adanya date base dapat menetapkan pondasi perencanaan selanjutnya. Alat dan personil nya dari DPU dan BBM nya dari dana ADD, sehingga kolaborasi nya sangat terbantu juga dengan perusahaan setempat apalagi pada tahun ini yang anggaran Kab PPU sangat minim sekali, terang Yunita (Kabid Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah).

Perbaikan dan pemeliharaan yang sifatnya ringan dapat dilakukan pada UPT Laboratorium dan Workshop. UPT PU Kecamatan ini bertipe A karena tidak hanya urusan Ke PU an saja tapi berbagai macam urusan baik urusan pendidikan, pertanian, olahraga, kesehatan dan lain sebagainya. Contohnya pada Dinas Pendidikan yang ingin membangun sekolah SMK 2 maka pada saat pematangan lahan pun UPT PU Kecamatan yang bergerak sehingga pada saat lelang di Dinas Pendidikan anggaran pematangan lahan dihapuskan karena telah dilakukan oleh UPT PU Kecamatan. Ini bias menghemat anggaran hingga 70 %.

Peraturan Bupati pun ada kerja sama dengan siapa pun dan tidak membatasi dengan siapa pun sepanjang menguntungkan semua pihak, tegas Alimuddin.

Pansus III (Sukardi, Suhartono, Edriansyah dan H. Ismail) DPRD Kota baru sangat tertarik dengan penjelasan dari Bapelitbang sehingga ingin berlajar banyak terkait inovasi yang dilakukan Pemerintah Kab. PPU terutama DPU. (Fitri/Tita)