Kodim 0913/PPU Gelar TMMD

Sepaku, Wakil Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Ir. Hamdam membuka Kegiatan Tentara Menunggal Membangun Desa (TMMD) ke 104 Kodim 0913/PPU, ditandai dengan penandatangannan pembukaan TMMD ke 104 Tahun Anggaran 2019 Kodim 0913/PPU, penyerahan secara simbolis peralatan kerja oleh Wakil Bupati PPU di Lapangan Rajawali RT 11 Desa Argomulyo Kecamatan Sepaku Kabupaten PPU, Selasa (26/2).

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0913/PPU Mahmud dalam laporannya mengatakan bahwa Kegiatan TMMD yang difokuskan di wilayah Kecamatan Sepaku, di antaranya program fisik terbesar lanjut Dandim, pembukaan jalur pendekat atau jalan penghubung antar desa yang menghubungkan Desa Argomulyo dengan Desa Tengin Baru di wilayah Kecamatan Sepaku, sepanjang 4,7 kilometer. Kabupaten Penajam Paser Utara itu berlangsung selama satu bulan dari 26 Februari sampai 27 Maret 2019.

Sehingga pembangunan ruas jalan penghubung antar desa yang layak sebagai sasaran utama kegiatan TMMD tersebut kata Dandim, telah dilakukan sejak Pra TMMD Reguler ke-104 Kodim 0913/Penajam Paser Utara.

“Pembukaan jalur akses pendekat antardesa itu menggunakan sejumlah alat berat, dan saat ini progres sudah mencapai sekitar 40 persen,” ujar Mahmud.

Menurutnya anggaran pembangunan jalur akses pendekat antara Desa Argomulyo menuju Desa Tengin Baru Kecamatan Sepaku tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah atau APBD 2018 Kabupaten Penajam Paser Utara.

Kodim 0913/Penajam Paser Utara kerahkan 150 prajurit juga akan bergotong royong bersama warga desa melakukan rehabilitasi Mushala, Gereja GPIB, Pos Polkes Immanuel dan pos kamling, serta membuat MCK (mandi, cuci, kakus) sebagai sasaran tambahan program TMMD ke-104.

Sementara program non fisik yang akan dilaksanakan pada TMMD 2019 di wilayah Kecamatan Sepaku tersebut yakni, kegiatan penyuluhan terkait bahaya paham radikalisme, terorisme hingga Narkoba dan HIV/AIDS.

Kegiatan ditutup dengan atraksi dari Ikatan Pencak Silat Kera Sakti dan bhakti sosial penyerahan bantuan kepada beberapa warga lanjut usia. (Helena)