Kejari PPU Gelar Sosialisasi Bahaya Narkoba dan UU ITE

PENAJAM – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menyelenggarakan penyuluhan penerangan hukum tentang bahaya Narkoba dan sosialisasi Undang – Undang No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-58, kegiatan tersebut berlangsung di ruang pertemuan Kejari PPU.

Kegiatan itu dipimpin oleh Kepala Kejari PPU Darfiah, Kasi Intel Kejari PPU Budi Susilo selaku moderator dan Narasumber Kasi Pengelolaan Media Komunikasi dan Humas Marliana, Kasat Reskoba IPTU Tri Riswanto dan Kepala Dinas Pendidikan Marjani.

Kejari PPU Darfiah mengatakan bahwa penyuluhan tersebut bertujuan untuk memberi wawasan kepada anak didik mulai dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat. Penyuluhan yang dilakukan ini dapat memberikan pemahaman kepada siswa – siswi terhadap bahayanya narkoba dan efek samping yang ditimbulkan apabila mengkonsumsi barang haram tersebut.

“Generasi muda sekarang rentan terkena pengaruh dari narkoba. Oleh karena itu kami melakukan penyuluhan seperti ini karena perlu edukasi atau pemahaman terkait bahaya narkoba ini merupakan langkah pencegahan bagi generasi muda agar tidak terjerumus narkoba,”ujarnya.

Selain itu, kami juga melakukan penyuluhan terkait UU ITE dengan tujuan agar anak generasi muda ini dapat bijak menggunakan sosial media seperti tidak menyebarkan kontent illegal ataupun melakukan penghinaan terhadap orang lain.

“Tadi sudah dijelaskan oleh ibu Marliana terkait pelanggaran UU ITE, mulai dari menyebarkan kontent illegal contohnya kontent kesusilaan, perjudian, penghinaan, pencemaran nama baik sampai dengan pemerasan maupun pengancaman itu semua melanggar dan dapat dikenakan UU ITE,” pungkasnya. (Helena Lin Legi/Fadli)