KECAMATAN BABULU DEKLARASI DAMAI PILKADES SERENTAK

Babulu, Kecamatan Babulu menggelar kegiatan Deklarasi Damai Pilkades Serentak Periode 2017-2023 se-Kecamatan Babulu di Gedung Serba Guna Kantor Camat Babulu. Jumat, (3/11). Kegiatan tersebut dihadiri Kapolres PPU AKBP Teddy Ristiawan, Dandim 0913/PPU LETKOL Czi Dwi Imam Subagyo, Kasi Intel Kejari PPU Kusbiantoro, Wakapolres PPU Kompol Nina Ike Herawati A,Md, Kabagops Polres PPU Kompol I Nyoman Sutedja, Camat Babulu Margono Hadi Sutanto. STTP, Kapolsek Babulu Akp M. Nainggolan, Danramil Babulu Kapten Inf Slamet Pamuji, Kasat Shabara Polres PPU AKP Kustiana, Kasat Narkoba Polres PPU Iptu Tri Riswanto.

 

Selain itu, hadir pula lima Pj Kades di Babulu diantaranya Pj. Kades Labangka, Pj Kades Labangka Barat, Pj Kades Rintik, Pj Kades Gunung Intan, Pj Kades Gunung Mulia Beserta Ketua BPD desa Masing-masing, Panitia Pilkades Desa Labangka, labangka barat, rintik, gunung intan, dan gunung mulia, serta Calon kades Desa Labangka, labangka barat, rintik, gunung intan dan gunung mulia.

 

Pada kegiatan tersebut Kapolres PPU, AKBP Teddy Ristiawan berharap semoga pelaksanaan Pilkades Serentak di Kecamatan Babulu ini tetap berjalan aman dan damai sesuai kesepakatan damai yang telah di deklarasikan bersama.

 

Selain itu, dirinya juga meminta para calon Kades agar dapat berkompetisi secara sehat guna terciptanya suasana kondusif di Pilkades Serentak 2017 ini.

“Saya meminta, melalui deklarasi damai ini kita semua yang ikut serta dalam pelaksanaan Pilkades serentak di Babulu dapat melaksanakannya dengan aman dan damai. Berkompetisilah secara sehat, jaga kondusifitas daerah dan selamat melaksanakan pilkades,” harap Tedy.

 

Sementara itu pada acara tersebut dilaksanakan Pembacaan MoU Deklarasi Damai yang dipimpin Oleh Nasaruddin selaku calon Kades Desa Labangka dan diikuti oleh Para Calon kades Desa Labangka, Labangka Barat, Rintik, Gunung Intan dan Gunung Mulia, kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan MoU Deklarasi Damai oleh para Calon Kades dan disaksikan oleh Panitia Pilkades, Kapolsek Babulu, Danramil Babulu dan unsur muspika Babulu.

 

Adapun isi Deklarasi Damai Pemilihan Kepala Desa Serentak tanggal 27 November 2017 Kec. Babulu sebagai berikut :

1) Mentaati Peraturan dan Tata Tertib Pemilihan Kepala Desa tahun 2017 yang berlaku dan akan dikenakan sanksi apabila terbukti melanggar.

2) Menjaga silahturahmi dan menghormati masing – masing calon Kepala Desa dalam melaksanakan kegiatan Kampanye sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku.

3) Tidak melakukan praktek jual beli suara,  manipulasi suara dan penyuapan kepada pemilih dan penyelenggara pemilihan Kepala Desa dalam bentuk apapun.

4) Melepas / menurunkan spanduk, baliho dan alat peraga kampanye lainnya sejak masa tenang.

5) Menciptakan kondisi yang aman, tentram dam tertib dalam masyarakat sebelum pelaksanaan pada waktu pelaksanaan dan sesudah pelaksanaan pemilihan kepala Desa.

6) Menerima kekalahan secara iklas dan mengakui kemenangan calon kepala desa yang sah.

7) Menjadi mediator penyelesaian konflik pemilihan Kepala Desa.

8) Calon yang tidak hadir harus tunduk dan patuh terhadap Deklarasi Damai yang diucapkan oleh 19 (sembilan belas) calon Kepala Desa di Kecamatan Babulu. (Helena/NK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *