Kab. PPU Terima Hibah Ambulans dan Damkar dari Jepang

Wakil Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Mustaqim MZ menerima langsung bantuan hibah 1 unit mobil ambulan dan mobil penadaman kebakaran dari Pemerintah Jepang.

Bantuan hibah ini diterima Pemkab PPU bersama 15 kabupaten di Indonesia. Rencananya, bantuan hibah ini akan diterima pada April tahun 2018 mendatang karena masuk pada tahap ketiga.

Bantuan hibah dari Pemerintah Jepang ini melalui Ehime Toyota dan Kochi Toyota Jepang yang difasilitasi  Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi).

Selain Kabupaten PPU sejumlah kabupaten seperti  Kabupaten Nias, Bogor, Bantaeng termasuk Kabupaten Mimika. Di Kaltim sendiri hanya Kabupaten PPU yang menerima bantuan hibah dari Jepang ini.

Wakil Bupati PPU Mustaqim MZ saat dihubungi melalui WhatsApp mengaku bersyukur dengan bantuan hibah berupa ambulan dan mobil pemadam kebakaran dari Jepang.

Menurutnya, bantuan ini hanya diberikan kepada 15 kabupaten di Indonesia termasuk Kabupaten PPU. “Penyerahan simbolis sudah dilakukan. Insya Allah April mendatang bantuan hibah ini akan dikirim karena PPU masuk tahap ketiga pengiriman,” jelasnya.

Sementara itu, Kabag Humas Setkab PPU Darmawan Isnaini mengakui, Wabup Mustaqim MZ ke Jepang untuk menerima bantuan hibah berupa mobil ambulan dan pemadaman kebakaran dari Pemerintah Jepang. Ia menjelaskan, bantuan ini hanya diberikan kepada sejumlah kabupaten di Indonesia.

Darmawan menjelaskan, bantuan hibah ambulan yang akan diterima ini sudah dilengkapi berbagai fasilitas medis.

“Jadi mobil ambulan ini sudah bisa melakukan tindakan pertama misalnya ada kecelakaan lalulintas, karena peralatan medis sudah lengkap,” katanya. Ia mengungkapkan, Wabup akan berada di Jepang sampai 22 November. (Tribun Kaltim)