Instalasi Jaringan Gas Rampung Desember 2018

PENAJAM – Program Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) yakni pemasangan sambungan aliran gas ke rumah warga ditargetkan akan rampung pada Desember 2018 mendatang.

Diketahui, sebanyak 600 rumah yang belum terpasang sambungan gas tersebut, namun telah ditargetkan akan rampung ada akhir tahun 2018 dan akan mulai dioperasikan pada awal tahun 2019.

“Rumah yang belum tersambung akan rampung pada akhir tahun ini (2018) dan di targetkan akan dioperasikan pada Januari 2019 mendatang,” ujar Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekkap PPU Ahmad Usman, Rabu (17/10) di ruang kerjanya.

Ia juga mengatakan bahwa untuk Kabupaten PPU mendapatkan kuota sambungan aliran gas tersebut sebanyak 4.260 sambungan gas di wilayah Kecamatan Penajam. Kendati demikian, hingga kini sambungan aliran gas tersebut hanya mencapai 3.600 sambungan.

Dengan demikian, Ahmad Usman tetap optimis untuk sambungan gas yang telah terpasang di Kelurahan Penajam, Gunung Steleng, Nenang dan Nipah – Nipah akan rampung pada akhir tahun 2018.

“Kami optimis di tiga kelurahan yang ada di Kecamatan Penajam itu untuk sambungan gasnya sudah dapat digunakan pada awal tahun 2019,” ungkapnya.

Ditambahkan, untuk administrasi penagihan rekening sambungan gas rumah tangga di masing-masing rumah warga setempat diserahkan kepada perusahaan daerah, PT Perusahaan Gas Negara (PGN) menunjuk PT Benuo Tak Energi sebagai anak perusahaan di Perusahaan Daerah Benuo Taka.

Karena sebelumnya, Kementerian ESDM telah menunjuk PT PGN untuk bekerja sama dengan Perusahaan Daerah Benuo Taka PPU sebagai pengelola sambungan gas tersebut. (Helena/Fadli)