Inilah Inovasi Pelayanan Publik Unggulan Polres PPU

Penajam, Sebagai upaya mendekatkan pelayan kepada masyarakat dan sebagai upaya pelayan prima, Kepolisian Resort Penajam Paser Utara (Polres PPU) melakukan beberapa terobosan dan inovasi-inovasi yaitu Gerakan Peduli Lingkungan (GPL), Patroli Wajib Ketemu Tokoh (Waketok), SIM Delivery, Rumah Bhabinkamtibmas (Lou Babin), Pos Kawasan Anti Narkoba (Pos Kawan), Rabu Kunjung Tokoh Adat (Rakuat), PPU Menyapa, Jumat Sholat Keliling Mesjid (Jolalimas).

Hal tersebut disampaikan melalui press release akhir tahun 2017 Polres PPU yang dibacakan langsung oleh Kapolres PPU AKBP Sabil Umar, Rabu (27/12) di Ruang Media Center Mapolres PPU.

Dalam press release tersebut dijelaskan, bahwa GPL merupakan kegiatan sosial yang diwujudkan dengan cara membantu masyarakat yang kurang mampu yaitu dengan cara melakukan perbaikan rumah, tempat tinggal atau tempat pendidikan dan sekolah-sekolah yang sudah rusak dan perlu perbaikan. Kegiatan sosial ini dilakukan dengan cara bergotong royong antara masyarakat sekitar dengan semua anggota Polres PPU secara bersama-sama, dengan tujuan untuk menjalin hubungan baik dan kerjasama dengan masyarakat sehingga komunikasi antara polisi dan masyarakat berjalan harmonis dan kegiatan yang memberikan dampak sosial kepada masyarakat yang tidak mampu (Polisi sebagai sosok yang Humanis).

Patroli Waketok adalah Patroli kepolisian yang dilakukan sambil berkunjung/bertemu dan berdialog dengan tokoh, baik tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda maupun tokoh organisasi kemasyarakatan. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari sesuai jadwal patroli yang dilaksanakan oleh regu patroli Sat Sabhara Polres PPU. Dengan demikian kegiatan patroli tersebut tidak hanya sekedar patroli saja, tetapi sambil berkunjung dan berkenalan dengan tokoh-tokoh masyarakat. Dengan tujuan Silaturahmi menjalin hubungan baik dengan masyarakat.

Sim Delivery merupakan suatu sistem atau cara yang dilakukan oleh petugas satpas kepada masyarakat pemohon SIM yaitu dengan cara mengantarkan hasil produksi SIM kepada pemohon yang telah lulus pengujian SIM. Petugas satpas akan mengantar hasil produksi SIM tersebut sesuai alamat atau berdasarkan pesanan dari pemohon SIM. Tujuan SIM Delivery ini adalah untuk mempermudah pelayanan kepada pemohon SIM yang memiliki kesibukan sehingga tidak berkesempatan untuk menunggu proses produksi SIM selesai.

Lou Bhabin dalam bahasa Paser berarti rumah yang tempati oleh para Bhabinkamtibmas para Bhabinkamtib mas diwajibkan tinggal di Lou Bhabin tersebut dan dapat melayani masyarakat dengan cepat, dekat dan mudah. Lou Bhabin berfungsi sebagai rumah/tempat tinggal dan juga berfungsi sebagai tempat bermusyawarah warga atau tempat berkumpul untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan warga (ProblemSolving). Dengan demikian permasalahan yang terjadi dimasyarakat dapat segera ditangani dan diselesaikan sedini dan secepat mungkin.

Pos Kawan ini merupakan tempat berkumpul warga masyarakat yang mempunyai kepedulian terhadap pemberantasan dan pengayalahgunaan serta peredaran gelap narkoba. Ditempat tersebut dapat dipergunakan tempat bermusyawarah bagi warga masyarakat serta saling berbagi informasi hal-hal yang berkaitan dengan penyalahgunaan narkoba. Poskawan ini juga merupakan simbol dari komitmen masyarakat sekitarnya untuk bersama-sama memerangi narkoba dan juga sebagai dukungan terhadap aparat kepolisian dalam memberantas narkoba.

Dengan adanya Pos Kawan  ini diharapkan warga masyarakat disekitarnya terbebas dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Realisasi peresmian program Pos Kawan hingga saat ini adalah sekitar 6 lokasi yaitu,  RT. 05 Kel. Penajam Kec. Penajam, RT. 26 Kel.Penajam Kec. Penajam, RT. 03 Kel. Sungai Parit Kec. Penajam Kab. Penajam Paser Utara, RT.07 Kel. Waru Kec.Waru, RT.22 Kel.Waru Kec. Waru Kab.PenajamPaserUtara, RT. 09 Desa Gunung Intan Kec. Babulu Kab. Penajam Paser Utara.

Rakuat adalah sebuah kegiatan dimana setiap hari Rabu para perwira dan anggota yang ditunjuk mengadakan kunjungan atau bersilaturahmi dengan tokoh-tokoh adat atau orang yang ditokohkan. Tujuan kegiatan ini dimaksudkan untuk menjalin hubungan baik dan kerjasama dalam menciptakan situasi yang kondusif. Selain itu diharapkan seluruh tokoh-tokoh adat atau tokoh masyarakat ini dapat memberikan sumbangsih dan dukungan demi terselenggaranya situasi kamtibmas diwilayah hukum Polres PPU.

PPU Menyapa merupakan media informasi melalui sebuah terobosan terkini program kerja Polres PenajamPaser Utara dalam sebuah program yang bernama Aplikasi GoResppu dan merupakan realisasi program Promoter Kapolri, Polres Penajam Paser Utara terhadap pelayanan publik berbasis Teknologi Informatika(TI), berupa aplikasi Andorid yang didalamnya terdapat kemudahan pengaduan laporan secara cepat melalui tombol Panic Button dan Orjam yang memudahkan masyarakat tergursapa dengan Polri baik menyampaikan informasi, laporan/pengaduan, kritik serta saran kepada anggota kepolisian yang dapat diakses 24 Jam melalui HP berbasisi Android, dan media sosial media Facebook (PolresPenajamPaserUtara), Twitter (PPUPOLRES), Instagram (PolresPenajamPaserUtara).

Tujuan daripada Polres PPU Menyapa adalah memberikan situasi terkini tentang kegiatan Polres PPU dan kondisi kamtibmas (Himbauan, berita kriminalitas, lalulintas dll) diwilayah hukum Polres PPUserta memberikan kesempatan masyarakat untuk menyampaikan komentar positif, saran, masukan atau kritik terhadap kinerja Polres PPUdengan harapan mampu memberikan informasi yang cukup kepada masyarakat dan memudahkan masyarakat berinteraksi dengan Polres PPU sebagai bentuk pelayanan Prima kepada masyarakat.

Jolalimas ini berarti bahwa setiap hari Jum’at atau pada waktu sholat Jum’at semua bhabinkamtibmas sholat Jum’at dimasjid-masjid diwilayah binaannya serta memberikan himbauan-himbauan kamtibmas kepada jama’ah shalat Jum’at. Himbauan-himbauan kamtibmas kepada para jama’ah shalat Jum’at ini dilakukan sebelum kegiatan shalat Jum’at dimulai yaitu pada waktu sebelum adzan atau pada saat selesai pelaksanaan sholat Jum’at (melihat situasi dan kondisi). Dengan melaksanakan kegiatan jolalimas ini, para bhabinkamtibmas dapat menyampaikan segala informasi dan dapat menjalin silaturahmi kepada para tokoh agama dan warga masyarakat. (Helena Lin Legi)