Hari Ini Terjadi 3 Titik Karhutla, 1 Titik Tak Tertangani

Penajam, Seperti tahun-tahun sebelumnya, saat musim kemarau sering terjadi kebakaran hutan dan lahan. Demikian pula di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) hampir setiap hari terjadi kebakaran hutan dan lahan. Pada hari Selasa (4/8) terjadi 3 titik lokasi kebakaran hutan dan lahan yaitu di RT. 8 Gunung Steleng, Kawasan Pondok Belanda Sungai Parit dan Kawasan Hutan Kota di belakang Kantor Bupati PPU.

 

2 titik lokasi yaitu RT. 08 Gunung Steleng dan Kawasan Pondok Belanda bisa ditangani segera oleh tim gabungan BPBD PPU, Petugas Pemadam Dinas Pertanian, Dinas Pemadam Lebakaran dn penyelamatan, Polres PPU, Kodim 0913/PPU, dan Satpol PP.

 

Sementara titik lokasi Kawasan Hutan kota tidak bisa tertangani mengingat tidak ada akses jalan untuk mencapai titik lokasi kebakaran. Tim BPBD dan Distan sudah berupaya mencari akses jalan masuk, namun tidak ditemukan hingga akhirnya Tim yang hadir memutuskan untuk memantau saja dengan memngambil titik kumpul di simpang lapangan tennes kompleks Pemerintahan Nipah-Nipah.

 

Sekretaris Daerah Kab. PPU Drs. H. Tohar, MM yang turut hadir di lokasi titik pantau secara spontan melalui telepon selulernya menginstruksi kepada seluruh Camat se-Kab. PPU untuk segera melakukan sosialisasi dan memberikan himbauan kepada seluruh lapisan Masyarakat agar berhati-hati dan tidak membuka hutan/lahan dengan cara dibakar kemudian memgambil alih komando dan memberikan arahan agar penanganan dilakukan esok hari. (Helena)