Hamdam Bangga Pelajar PPU Peduli Lingkungan

PENAJAM, Wakil Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Hamdam mengapresiasi dan berterima kasih kepada ratusan pelajar asal PPU yang mau dan telah  peduli terhadap lingkungan dengan cara menanam pohon manggarove (bakau) di kawasan pantai Sipakario (pantai Nipah-nipah) yang juga merupakan tempat wisata di Kabupaten PPU ini.

Penanaman pohon manggrove ini juga melibatkan sejumlah pelajar dari PPU yang terdiri dari SMA N 1 Penajam, SMK N 2 Penajam, SMK Pelita Gama, SMA N 8 Penajam, SMP N1 Penajam yang dipusatkan di kawasan pantai Sipakario Nipah-Nipah, Jumat (25/01).

“ Saat ini isue dunia terkait global warming (pemanasan dunia) terus meningkat terutama negara kita indonesia menjadi salah satu sorotan dimana kerusakan hutan terjadi di sejumlah wilayah. Oleh karenanya saya bangga dengan kalian mau ikut memikirkan dan melakukan aksi penanaman pohon ini. Kalian tidak hanya omong doang namun mau melakukan penanaman pohon mangrove secara  nyata,”ungkap Hamdam.

Sebelum melakukan aksi menanam pohon menggrove ini, pihak sekolah yang diwakili kepala sekolah SMA N1 Penajam juga menyerahkan bibit kepada Wakil Bupati PPU yang hadir dalam kegiatan itu  untuk ikut menanam. Wakil Bupati berharap kepada semua siswa yang hadir kegiatan penanaman ini tidak boleh hanya berhenti pada proses penanaman, tetapi juga harus ditindaklanjuti dengan gerakan pemeliharaan tanaman.

“ saya berharapa kegiatan penanaman ini tidak boleh hanya berhenti pada proses penanaman, tetapi juga harus ditindaklanjuti dengan gerakan pemeliharaan tanaman,  sehingga pohon yang ditanam ini dapat tumbuh berkembang dan bermanfaat, “harap wabup.

Sementara itu  dalam kesempatan yang sama dikatakan Ketua panitia kegiatan ini, Ilyas bahwa kegiatan menanam pohon manggarove kali ini dalam rangka memperingati hari sejuta pohon yang jatuh pada tanggal 10 januari lalu.

“ Kegiatan ini baru bisa terlaksana dikarenakan kegitan kami juga padat di sekolah. Namun berkat dukungan dari semua pihak  terutama dari sekolah, para guru dan pembimbing, alhamdulillah kita bisa melaksanakan kegiatan menanam pohon manggrove di tempat ini dengan baik, “kata dia.

Ilyas yang merupakan pelajar kelas 11 di SMA N 1 Penajam ini menjelaskan, jauh sebelum kegiatan penanaman manggrove dilaksanakan saat ini, pihaknya telah melakukan pembibitan pohon bakau ditempat terpisah. Diperkirakan lebih dari 500 buah disiapkan untuk kegiatan peringatan hari sejuta pohon itu.

“ Alhamdulillah bibit manggrove yang telah kami semai ini bisa ditanam kawan-kawan di areal ini bersama bapak Wakil Bupati PPU. Semoga apa yang ditanam dapat tumbuh dengan baik dan memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar kita, ” jelas Ilyas. (Subur/Tita)