DP3AP2KB GELAR MUSYAWARAH FORUM KAMPUNG KB

Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Penajam Paser Utara (Kab. PPU) menggelar musyawarah Forum Kampung Keluarga Berencana (KB) bagi kader Kampung KB Kayu Api.

 

Kegiatan yang berlangsung di SDN 027 Penajam Kelurahan Penajam , Jumat (3/11) ini dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Penyuluhan Dan Penggerakan (P4) DP3AP2KB Kabupaten PPU.

Muallimin menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah bentuk pendampingan dan pembinaan bagi Kader dan Poktan Kampung KB Kayu Api dan untuk memampukan Kampung KB Kayu Api sebagai teladan bagi empat Kampung KB yang ada di Kab. PPU.

“tujuan kegiatan ini adalah untuk mengoptimalkan pelaksanaan program dan kegiatan yang terintegradi melalui Kampung KB serta penguatan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) yang terintegrasi dengan pembangunan sektor lainnya.” Jelas Muallimin.

Sementara itu ditempat yang sama,  Kepala Dinas Perpustakaan Dan Arsip Daerah, Ridwan dalam sambutannya mengatakan siap mendukung program k

Kampung KB dengan peningkatan sumber daya manusia dengan penyediaan buku bacaan di tahun 2018.
Lebih lanjut ia menjelaskan dengan adanya buku bacaan diharapkan dapat merubah pola pikir dan perilaku masyarakat ke arah yang lebih baik. Dengan pola pikir dan perilaku yang baik akan menciptakan manusia produktif.
“Jika manusianya cerdas otomatis kesejahteraan masyarakat pasti akan meningkat”, ujar Ridwan.

Kampung KB Kayu Api yang berdiri Februari 2016 merupakan icon baru program  KKBPK di era pemerintahan Joko Widodo-Yusuf Kalla dalam mengimplementasikan 3 nawacita yang terkait dengan Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah -daerah dan desa/kampung dalam kerangka Negara Kesatuan RI melalui KB.

Tokoh masyarakat, unsur pemerintah dan lembaga masyarakat diharapkan dapat bersinergi untuk mendorong peningkatan kemandirian, ketahanan dan pemberdayaan masyarakat Kampung KB.

Selain penyuluhan, kegiatan juga diisi dengan acara senam bersama.(Dian/Helena)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *