DISKUKMPERINDAG Pantau Harga Sembako Menjelang Idul Adha

PENAJAM – Menjelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop UKM) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) akan terus melakukan pemantauan harga dan ketersediaan bahan pokok kebutuhan masyarakat.

Kepala Bidang Perdagangan Disperindagkop UKM PPU, Rusli mengatakan bahwa untuk harga dan persediaan bahan pokok di Kabupaten PPU, ada beberapa kebutuhan yang perlu pihaknya awasi, seperti pasokan ayam yang kurang memadai dan untuk harga ayam potong mencapai Rp50 Ribu per kilogramnya.

“Kendalanya itu di pemasok, mulai dari Banjarmasin maupun daerah lain yang sebagai pemasok ayam potong ke Kabupaten PPU ini sekarang sangat kurang. Ayam sekarang juga terbilang kecil, karena biasanya satu ayam itu mencapai 2 kilogram tetapi sekarang ini hanya satu kilo lebih,” ujarnya.

Selain itu, untuk persediaan daging sapi ia memastikan aman sampai dalam perayaan Hari Raya Idul Adha, karena pihaknya menerima informasi dari Dinas Pertanian bahwasannya pasokan sapi tidak ada kendala.

“Untuk harga daging sapi itu mencapai Rp130 – 140 ribu. Insyaallah pada saat perayaan Hari Raya Idul Fitri stok daging sapi aman karena kami mendapatkan informasi dari Dinas Pertanian, khususnya Bidang Peternakan bahwa pasokan sapi Alhamdulillah tidak ada kendala,” jelasnya.

Sedangkan untuk harga ikan, dikatakannya mengalami kelonjakan yang signifikan, dikarenakan kondisi cuaca yang sangat ekstrim jika dibandingkan dengan tahun – tahun kemarin.

“Harga ikan tongkol saja mencapai Rp 70 – 80 ribu per kilogramnya, kita tahu sendiri kondisi cuaca sekarang seperti apa, dan nelayan kita juga banyak yang tidak melaut karena kondisi cuaca seperti ini, jadi permintaan banyak dan untuk stoknya sedikit otomatis harga akan naik,” ujarnya.