Diskominfo Gelar Pelatihan Jurnalistik Untuk KIM

Penajam, Demi meningkatkan kualitas blog yang dikelola Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menggelar pelatihan jurnalistik, kegiatan tersebut berlangsung di ruang rapat Diskominfo PPU, Senin (15/04).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Diskominfo PPU Budi Santoso, Kabid Sumber daya tik dan Statistik Asman Saka Mato, Kasi Sumber Daya Tik Dan Ekosistem Muhammad Yusuf serta Samir Paturusi selaku Narasumber.

Adapun peserta yang mengikuti pelatihan jurnalistik tersebut yakni dari KIM Desa Gunung Mulya Kecamatan Babulu, Gunung Makmur Kecamatan Babulu, Desa Sukomulyo Kecamatan Sepaku, Kelurahan Kampung Baru dan Kelurahan Penajam Kecamatan Penajam.

Kepala Dinas Kominfo PPU Budi Santoso mengatakan bahwa, tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut agar menjadikan seluruh KIM Kabupaten PPU agar dapat memahami dalam memproduksi konten-konten jurnalistik.

“Dengan adanya kegiatan ini kami harap peserta yang mengikuti pelatihan ini dapat memahami apa yang akan dijelaskan oleh Nara sumber, sehingga dapat memaksimalkan perannya dalam mengelola informasi ke masyarakat, “ujarnya.

Selain itu, Samir Paturusi selaku narasumber mengatakan bahwa dalam pelatihan jurnalistik tersebut para peserta diberikan pemahaman tentang cara penulisan berita.

Ia juga mengatakan para peserta juga tidak hanya diberikan pemahaman secara materi saja, namun juga diminta untuk mempraktekkan secara langsung penulisan berita online yang benar.

“Beberapa poin penting telah dijelaskan kepada peserta untuk membuat berita yang benar, mulai dari pembuatan berita berbentuk straight news dan sebagainya.

Ditambahkannya, ia mengapresiasi kepada seluruh peserta, karena dalam pelaksanaan pelatihan tersebut para peserta sangat semangat mengikuti pelatihan jurnalistik ini. (Fadli/Helena)