DISKOMINFO BENTUK KIM DESA BANGUN MULYA

PENAJAM – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menggelar sosialisasi dan pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Desa Bangun Mulya Kecamatan Waru, pada Senin (26/02).
Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Diskominfo PPU Budi Santoso beserta staff dan jajarannya, Kepala Desa Bangun Mulya Sudono, tokoh masyarakat, Ketua RT lingkup Desa Bangun Mulya dan tokoh pemuda.
Pada kesempatan tersebut, Kepada Diskominfo PPU Budi Santoso mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengembangan dan pemberdayaan KIM sebagai wahana pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) menuju masyarakat informasi.
Selain itu, juga dapat meningkatkan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi pengembangan dan pemberdayaan KIM secara terpadu dengan instansi pemerintah atau swasta maupun lembaga organisasi lainnya.
“KIM ini merupakan kelompok yang dibentuk oleh masyarakat secara mandiri dan kreatif yang aktifitasnya melakukan pengelolaan informasi dan pemberdayaan informasi dalam rangka memberikan nilai tambah. Pembentukan KIM agar terciptanya pengembangan dan pemberdayaan KIM secara terus menerus dalam pengembangan SDM,” ujarnya.
Ia juga mengatakan, dengan adanya KIM ini pihaknya ingin mendorong kepada masyarakat setempat untuk dapat memanfaatkan teknologi yang ada dengan menciptakan aplikasi yang memberikan kemudahan kepada kita.
“Kita harus memanfaatkan KIM ini, misalnya membuat aplikasi berupa transaksi atau nilai tambah itu melalui digital dengan modal yang kecil yang kita namakan startup, agar dapat memajukan desa kita ini melalui teknologi informasi, ” ujarnya.
Ditambahkannya, fungsi dari KIM yakni sebagai wahana informasi antar anggota KIM, dari KIM ke pemerintah secara bottom up dan dari pemerintah kepada masyarakat secara top down. (Fadli/Helena)