Dinsos Kaltim Serahkan Bantuan Kepada 410 Orang di PPU

PENAJAM, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) bersama Dinsos Kalimantan Timur (Kaltim) menyerahkan sebanyak 410 bantuan sosial terencana berupa uang tunai dan sejumlah alat bantu kepada penyandang disabilitas, panti asuhan swasta, Veteran dan janda veteran, Rabu, (31/10) di Gedung Graha Pemuda Kilometer 09, PPU.
Jumlah bantuan sosial yang bersumber dari Dinsos Provinsi Kaltim  di Kabupaten PPU tahun 2018 ini jauh lebih besar dibandingkan tahun 2017 lalu yang hanya berkisar 105 orang penerima bantuan.
“Alhamdulillah dari jumlah 410 orang baik sebagai penyandang disabilitas, veteran, panti asuhan swasta maupun janda veteran penerima bantuan yang kami usulkan kepada provinsi Kaltim tersebut semua dapat diakomodir dan hari ini bantuan diserahkan langsung kepada yang bersangkutan,” kata Kepala Bidang, (Kabid) Pemberdayaan dan Penanganan Kemiskinan Dinsos PPU, Bagenda Ali.
Adapun besaran bantuan yang diserahkan lanjutnya, masing-masing sebesar Rp.1 000.000 bagi penyandang disabilitas, Rp.1.800.000,- bagi Veteran dan Rp.1.350.000, bagi janda Veteran. Sementara untuk bantuan bagi panti Asuhan swasta besaran bantuan yang diberikan berpariasi masing-masing Rp.50.000.000,  Rp.15.500.000,- Rp. 7.500.000  dan Rp. 7 000.000 rupiah. Sejumlah bantuan lain juga diserahkan seperti kursi roda, alat bantu pendengaran dan sebagainya.
Dikatakan Bagenda Ali, bahwa jumlah penerima bantuan yang ada di Kabupaten PPU tersebut  diharapkan tahun 2019 jumlahnya dapat meningkat, sehingga mereka yang belum terakomodir juga  dapat segera menerima bantuan yang sama.
“Syarat yang dibutuhkan cukup jelas.  Calon penerima bantuan melampirkan data terkait penerima bantuan. Misalkan bagi mereka penyandang disabilitas dengan jelas terdata calon penerima bantuan benar-benar memiliki kelainan fisik atau cacat. Sementara untuk bantuan seperti veteran atau janda veteran sudah jelas diketahui atau terdata,” bebernya.
Bagenda Ali menambahkan, pihaknya akan terus berupaya agar penerima bantuan tersebut dapat bertambah di tahun 2019 mendatang. Pihaknya juga terus mengumpulkan data yang ada baik mulai tingkat desa, kelurahan hingga kecamatan yang ada.
“Target kami tahun 2019 mendatang penerima bantuan ini jumlahnya dapat meningkat  yaitu diatas 600 orang dari  seluruh penerima bantuan yang ada di Kabupaten PPU saat ini,” pungkasnya. (Fadli/Helena)