Bupati Jadi Inspektur Upacara Sumpah Pemuda

Penajam, Bupati Penajam Paser Utara (PPU) menjadi Inpsektur Upacara Peringatan Sumpah Pemuda Ke 90 Tahun 2018 di Halaman Kantor Bupati, Senin (29/1) dan hadiri oleh Ketua DPRD PPU H. Nanang Ali, SE, Wakil Bupati PPU Ir. Hamdan, Sekretaris Daerah PPU Drs. H. Tohar, MM, Wakil Ketua 2 DPRD Sudirman, S. Sos, Wakil Ketua 1 DPRD Syahruddin M Noor, Wakpolres PPU Kompol Anugrah Indrawan, SH, Pj. Kasdim Kapt Inf Martono, Kajari PPU Hj. Darfiah, SH, MH, Danpos AL PPU Peltu Mar Utoyo, Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora Faisal Abdullah,  Anggota DPRD Kab. PPU,  sejumlah Kepala SKPD, Tokoh Agama,  Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda.

 

Dalam amanatnya sebagai Inspektur Upacara, Bupati mengatakan bahwa Hari Sumpah Pemuda ke 90 kali ini mengambil tema *”BANGUN PEMUDA SATUKAN INDONESIA”*. Tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. Revolusi Mental yang dicanangkan oleh Bapak Presiden Ir. Joko Widodo amatlah relevan dalam mewujudkan pemuda yang maju. Ciri pemuda yang maju adalah pemuda berkarakter,b berkapasitas dan berdaya saing.

“Oleh karena itu Revolusi Mental harus dapat kita jadikan sebagai pemicu untuk mempercepat terwujudnya pemuda yang maju. Dengan mewujudkan pemuda yang maju berarti kita dapat menghasilkan bangsa yang hebat.

Peringatan Sumpah Pemuda Ke 90 Tahun 2018 di Kab. PPU juga diikuti oleh rombongan Kirab Pemuda Nasional 2018. Kirab Pemuda Nasional 2018 adalah rombongan perjalanan napak tilas kebhinekaan dalam mendirikan dan membangun NKRI, yang dilaksanakan oleh WNI berusia 16-30 tahun sesuai Undang-undang No. 40 Tahun 2009 Tentang Kepemudaan, dengan melintasi seluruh provinsi di Indonesia. (Helena)