Buen Diangkat Menjadi Film Layar Lebar

Penajam, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) bekerjasama dengan Production House Stayco Media asal Jakarta, memproduksi sebuah film yang terinspirasi dari Festival Seni Budaya Buen Festival yang merupakan salah satu even seni budaya dan pariwisata kebanggaan Kabupaten Penajam Paser Utara.

 

Film yang di sutradarai oleh Andy Bachtiar Yusuf ini diberi judul Buen,  dan mengambil lokasi syuting di Kabupaten Mahakam Ulu dan Kabupaten Penajam Paser Utara ini merupakan sejarah yang luar biasa bagi Kabupaten PPU, ungkap Bupati PPU H. Yusran Aspar, M.Si dalam sambutannya pada acara Selamatan sebelum kegiatan syuting dimulai di Aula Lantai 1 Kantor Bupati, Rabu (9/5).

 

Bupati mengapresiasi seluruh crew Film Buen, yang tidak hanya berasal dari Jakarta tapi juga melibatkan Komunitas Layar Kaca PPU dan putra putri daerah asal PPU dan Masyarakat PPU.
“Kedepannya generasi muda PPU harus bisa memproduksi sendiri film yang bercirikan khas Kabupaten PPU, apalagi pemuda-pemuda kita telah mendapat pembekalan, pengetahuan dan skill tentang bagaimana memproduksi film yang kualitasnya mencapai standard yang diinginkan melalui beberapa workshop beberapa waktu lalu” harap Yusran.

Mengingat sebagian besar crew yang terlibat pembuatan film Buen ini adalah putra putri PPU, ini menurut Yusran merupakan prestasi yang sungguh luar biasa, karena membuat film itu adalah pekerjaan yang tidak mudah, membuat film memerlukan keahlian khusus.

“banyak bermunculan miliarder yang secara tidak disangka-sangka berkat keahliannya dalam membuat film” kata Yusran.

 

Sebagai contoh, lanjut Yusran, bayak film-film kartun yang ditayangkan diberbagai stasiun TV yang konon katanya kebanyakan hanya dibuat dirumah saja, semacam home industry saja, film-film itu hanya diproduksi dari dalam rumah, namun diputar diberbagai stasiun penyiaran tv dan ini bisa menghasilkan omzet miliaran, jika PPU bisa seperti ini, tidak menutup kemungkinan pemuda PPU banyak yang menjadi Miliarder.
“Atas nama pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten PPU mengapresiasi kepada seluruh crew yang terlibat pembuatan film Buen, karena telah di buat di PPU. Harapan kami semoga proses pembuatan film inj berjalan dengan lancar dan sukses, dengan demikian dampaknya diharapkan bisa mepromosikan budaya kita, keindahan alam yang kita miliki, bagaimana infrastruktur kita bisa terbangun dengan baik, mudah-mudahan Film Buen ini bisa membawa misi perjuangan bagi daerah kita dan dapat menggugah pemeritah pusat mengetahui bahwa daerah kita telah berkontribusi yang cukup besar kepada kepetingan nasional, sehingga imbasnya nanti, daerah kita mendapat perhatian dalam hal pembangunan infrastruktur,” papar Yusran.

 

Sementara itu ditempat yang sama, sutradara Andy Bachtiar Yusuf mengatakan bahwa Film yang di bintangi oleh beberapa pemain asal Jakarta seperti Albert Halim, Khiva Iskak, Imelda Budiman, Rio Dewanto ini akan ditayangkan secara nasional di bioskop-bioskop yang ada di Indonesia. (humas8/Helena).