BNK, Polres dan Dishub PPU Gelar Tes Urin Awak Kendaraan Umum

PENAJAM – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) bekerja sama dengan pihak Kepolisian dan Badan Narkotika Kabupaten (BNK) PPU, melaksanakan pemeriksaan kendaraan dan tes urin kepada para sopir angkutan umum.

Kepala Bidang Lalulintas dan Angkutan Dishub PPU Fernando mengatakan bahwa pihaknya tengah melakukan pemeriksaan atau pengecekan kendaraan angkutan umum, seperti kelengkapan kendaraan berupa rem dan sebagainya.

“Ada dua kegiatan tadi yang berlangsung yakni pemeriksaan kendaraan dan tes urine kepada para sopirnya. Kami melakukan pemeriksaan kendaraan itu agar mengetahui apakah layak atau tidak pada saat digunakan arus mudik,” jelasnya.

 

Fernando juga mengatakan bahwa pihaknya menargetkan 50 sopir yang akan menjalani tes urine tersebut, namun pada saat pelaksanaan tes urine itu hanya sekitar 25 orang saja yang mengikutinya. Bahkan ada tiga sopir yang melarikan diri tidak ingin mengikuti tes tersebut.

“Tiga sopir yang kabur itu merupakan sopir dari angkutan luar daerah ada dua orang, dan satu orangnya daerah sini juga. Tetapi walaupun dia memilih kabur kami telah mengetahui nopol kendaraannya, jadi yang kabur itu sudah ditangani oleh pihak kepolisian,” jelasnya.

 

Ditambahkannya, untuk yang tidak mengikuti dan yang kabur pada saat tes urin tadi, nanti akan dilakukan tes urine susulan yang dilakukan oleh pihak Kepolisian setempat.

“Kami laporkan ke Polres PPU, agar pihak polisi yang melakukan tes urine kepada yang kabur termasuk yang tidak datang pada hari ini,” katanya.

 

Ia juga mengatakan apabila terbukti menggunakan narkoba atau positif pihaknya akan memberikan sanksi tidak mengendarai kendaraan, karena dapat membahayakan keselamatan penumpang. (Helena/Fadli)