Besok, 3 Paslon Pilkada PPU Tes Kesehatan

Penajam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) telah menutup pendaftaran pasangan calon di Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) PPU. Dari pendaftaran tersebut, KPU PPU memastikan ada tiga Paslon yang telah mendaftarkan diri, yakni paslon Andi Harahap-Fadly Imawan, Mustaqim MZ -Sofian Nur dan Abdul Gafur Mas’ud – Hamdam.

Ketua KPU PPU, Feri Mei Efendi mengatakan, pasca tersaftarnya tiga paslon tersebut, tahapan selanjutnya akan dilakukan tes kesehatan, tes narkoba dan tes kerohanian di RSUD A.W. Syahrani Kota Samarinda. Tes tersebut akan dilaksanakan pada 12-13 Januari 2018.

“Dihari pertama besok itu tes kesehatan dan tes narkoba, dihari kedua baru dilakukan tes kerohanian,”ujarnya.

Feri menjelaskan, tes kesehatan tersebut merupakan bagian dari proses tahapan pilkada PPU guna menilai kelayakan para paslon tersebut. Dibeberkannya, ada tiga lembaga yang akan melakukan tes itu, diantaranya Ikatan Dokter Indonesia (ID), Ikatan Psikiater Indonesia (IPSI) dan Badan Narkotika Nasional (BNN).

“Hasil tes murni penilaian mereka, KPU PPU hanya menerima hasil tes dan paslon tidak bisa memprotes hasil yes tersebut. Kalau ada disalah satu tes dengan hasil Tidak Memenuhi Syarat (TMS) maka paslon tersebut gugur dan pengusung bisa mencarikan pengganti calon tersebut,” jelasnya (NK/Helena)