Antisipasi Lonjakan Harga Pasar, diskukmperindag Bentuk Tim Pengawas

Penajam, Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskukmprindag) Penajam Paser Utara (PPU) akan meningkatkan pengawasan untuk mengantisipasi lonjakan harga sembako di bulan Ramadan. Selain melibatkan kepolisian, Satpol PP dan Dinas Ketahanan Pangan, pihaknya juga akan melibatkan pemerintah kecamatan.

 “Sesuai dengan hasil rapat beberapa hari yang lalu, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya kenaikan harga yang signifikan. Kita juga akan berkoordinasi dengan seluruh camat untuk melakukan pengawasan secara berkala,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Diskukmperindag PPU, Ahmad Usman Selasa (15/5).

 

Pengawasan berkala akan dilakukan setiap pasar tradisonal dan minimarket yang ada di Benuo Taka. Pengawasan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya aksi penimbunan kebutuhan pokok. Karena penimbunan itu, jelas akan memicu lonjakan harga.

“Penimbunan sembako itulah yang harus diwaspadai. Karena akan menimbulkan kenaikan harga yang ekstrim,” ujarnya.

 

Menjelang bulan puasa ini, pemerintah terus memantau pasokan kebutuhan pokok. Utamanya barang pokok yang didatangkan dari Sulawesi dan Jawa. Salah satunya, bawang merah, bawang putih, cabai dan kentang. Berdasarkan pengalaman Ramadhan sebelumnya, komoditas bawang dan cabai rentan terjadi lonjakan. Karena permintaan konsumen semakin tinggi sementara pasokan terbatas.

 

Pemerintah daerah juga telah menyiapkan program untuk menstabilkan harga pasaran apabila terjadi kenaikan yang sangat signifikan. Ahmad Usman mengungkapkan, Diskukmprerindag akan melaksanakan operasi pasar murah. Di operasi pasar ini sejumlah komoditas kebutuhan pokok yang paling banyak dibutuhkan di bulan puasa akan disiapkan. Salah satunya gula pasir, tapung, minyak goreng, sirup, beras dan jenis kebutuhan pokok lainnya.

 “Di operasi pasar ini, kita bekerjasama dengan pihak bulog dan beberapa distributor kebutuhan pokok yang ada di daerah ini. Mudah-mudahan operasi pasar ini dapat membantu masyarakat dan dapat menekan lonjakan harga,” pungkasnya. (BP/Helena)