SIKAPI LAPORAN WARGA, WABUP LANGSUNG GELAR RAPAT

Penajam, Wakil Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) H Hamdam memimpin rapat menindak lanjuti laporan warga Kelurahan Mentawir, Kecamatan Sepaku, terkait pencemaran lingkungan yang diduga bersumber dari salah satu Perusahaan pabrik pengolahan aspal di Kelurahan Mentawir, Hadir dalam rapat Kepala Dinas Lingkungan Hidup Wahyudi Nuryadi, Kadis Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Penanaman Modal (PTSP&PM) Fernando, Kadis Perikanan Andi Traso, Lurah Mentawir Supriyadi dan undangan lainnya, di Aula Rapat Tenaga Ahli, Lantai 2 Kantor Setkab PPU, Kamis (26/9).

Wabup instruksikan instansi terkait mengidentifikasi semua indikasi yang menjadi laporàn masyarakat berkaitàn dengan pencemaràn lingkungan hidup.

Kadis PTSP & PM menyampaikan agar diadakan investigasi secara langsung ke lapangan untuk membuktikan hal tersebut. dengan mengambil sampel yang dilaporkan warga. Sementara itu Kadis Perikanan Andi Traso menggagas untuk duduk bersama dengan pihak-pihak bersangkutàn dan Kadis Lingkungan berpendapat agar diadakan mediasi  antar pihak terkait.

Di tempat yang sama, Kadis Perikanan melaporkan satu sisi ada dugaan bàhwa biota laut seperti ikan megatakan pelapor pernah melakukan uji laboratorium. Menurut laporan mereka hasil Uji lab menunjukkan ikan disana sudah tercemar dan terpapar akibat pencemaran yang terjadi pada ikan tàmbak milik wargà dilaporkan pula bahwa ikan-ikan budidaya mereka tumbuh tak wajar seperti tak mau tumbuh besar dan terdapat penyakit tertentu pada ikan.

Menyikapi laporan dan masukan tersebut, Wakil bupati menyarankan agar mengundàng pihak-pihak terkait agar diadakan mediasi dan jika masih memungkinkan jangan melalui jalur hukum agar proses penyelasian cepat tercapài. Ia juga menegaskan agar menelusuri perusahaan yang dimaksud, dipastikan ada izin yang legal dan berlaku hingga kini dan mintalah ke perusahaan bersangkutan untuk memberikan kompensasi kepada warga yang menuntut.

”Perintahkan instansi terkait dan panggil perusahaan untuk duduk bersama selesaikan persoalan di kelurahan mentawir,” tegas Hamdam. (humas8/Helena)

About admin

Kasi Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Kab. Penajam Paser Utara

View all posts by admin →