WABUP JADI NARSUM DI STUDIUM DAN FGD DI UNIBA

BALIKPAPAN, Wakil Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Hamdam menjadi pembicara dalam Studium Generale dan FGD, dalam rangka penguatan inovasi dan penataan Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai Ibukota yang aman dan nyaman yang diselenggarakan di Universitas Balikpapan (Uniba), Jumat, (6/9) siang.

Kegiatan ini juga menghadirkan pembicara lainnya masing-masing Dirjen Penguatan Inovasi Kenmeristek Dikti RI, Dr. Ir. Jumain Appe, Rektor Uniba, Dr. Piatur Panggaribuan dan Sekjen Forum Dekan Teknik Indonesia (FDTI) Dr. Ir Isradi Zainal. Kegiatan ini juga diikuti oleh puluhan Dosen dan ratusan mahasiswa khususnya jurusan tehnik mesin dan elektro Uniba.

Dalam penyampaiannya Wakil Bupati PPU, Hamdam yang diberikan kesempatan pertama ini mengatakan bahwa sebuah penghormatan dapat menjadi pembicara dalam kegiatan besar tersebut, oleh karena itu atas nama pemerintah daerah Kabupaten PPU dirinya memberikan penghargaan yang tinggi khususnya kepada penyelenggara dan Uniba sebagai penyedia tempat terselenggaranya kegiatan.

“Atas nama pemerintah daerah maupun pribadi, kami sampaikan trimakasih yang setinggi-tingginya kepada penyelenggara kegiatan serta jajaran Uniba yang telah menyediakan tempat terselenggaranya kegiatan ini dengan baik, “kata Hamdam.

Dikatakan Hamdam bahwa Uniba hingga saat ini telah banyak memberikan kontribusi besar khususnya kepada Kabupaten PPU, salah satunya dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas bagi daerah.

Sehubungan dengan kegiatan ini kata Hamdam, menjadi sangat strategis salah satunya terkait dengan tantangan kedepan Kabupaten PPU sebagai wilayah yang telah ditetapkan sebagai bagian Ibukota Negara ( IKN) oleh Presiden RI, Joko Widodo belum lama ini.
“Karena kita pasti membutuhkan manusia-manusia yang handal, kreatif dan inovatif untuk menghadapi tantangan itu kedepan. Oleh karena itu peran Uniba dalam fungsi ini tentunya sangatlah dibutuhkan, “ujarnya.

Dikatakan dia, Kabupaten PPU saat ini juga fokus pada peningkatan SDM yang berkualitas. Ini dilakukan kata Hamdam, karena melalui SDM yang berkualitas tinggi tentunya secara otomatis akan memberikan kemajuan di berbagai sektor pembangunan secara cepat bagi daerah itu sendiri.
Untuk mendukung program ini tentunya daerah juga telah melakukan berbagai program pendukung diantaranya PPU telah mengganggarkan sebesar 20 persen anggaran daerahnya untuk bidang pendidikan sesuai yang telah diintruksikan oleh pemerintah pusat.

“Seluruh biaya pendidikandi Kabupaten PPU telah di gratiskan mulai sekolah dasar hingga SLTP. Diharapkan melalui program ini seluruh anak-anak kita mampu mengenyam pendidikan tanpa ada alasan tidak punya biaya lagi dan sebagainya, begitu juga program lainnya diharapkan dapat menciptakan SDM berkualitas di PPU, “bebernya.

Terkait rencana pembangunan Uniba di Kabupaten PPU, Hamdam mengatakan juga sangat menyambut baik. Saat ini telah sedia lahan seluas 4 Ha yang akan digunakan sebagai bangunan universitas ternama ini.
“Apalagi salah satu jurusan itu adalah kedokteran di Kabupaten PPU tentulah masyarakat sangat mendukung ini, “tambahnya.

Hamdam menambahkan, apa yang dulakukan hari ini kata dia, diharapkan akan memberikan sesuatu yang berarti bagi semua dalam rangka menyongsong dan menyambut pemindahan Ibukota Negara RI khususnya di Kabupaten PPU. Uniba kata Hamdam, saat ini telah berhasil melakukan berbagai inovasi dan trobosan yang besar hingga menjadikan Uniba sebagai Universitar kenamaan di Kaltim maupun Indonesia. Uniba juga telah mampu memberikan kemajuan-kemajuan atau lompatan -lompatan kearah yang jauh lebih baik dalam rangka peningkatan SDM yang berkualitas bagi daerah.

” Kedepan Kabupaten PPU yang telah ditetapkan sebagai Ibukota Negara juga mengharapkan banyak sentuhan dari para alumni Uniba untuk kemajuan daerahnya, ” tutupnya. (Helena/Humas6)

About admin

Kasi Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Kab. Penajam Paser Utara

View all posts by admin →