DINSOS BENTUK UPSK BAGI PENYANDANG DISABILITAS

Penajam, Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) merupakan salah satu sarana pelayanan dan rehabilitasi sosial yang berfungsi memberikan layanan konsultasi, pemeriksaan kesehatan, rujukan bagi para penyandang cacat atau Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) lainnya. Hal ini diungkap Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara H Suhardi pada pembukaan kegiatan Unit Pelayanan Sosial Keliling, Selasa (20/8).

“Kegiatan UPSK ini sangatlah penting dilaksanakan karena untuk mengetahui kondisi dan data penyandang cacat secara akurat, para penyandang disabilitas sebagai bagian dari masyarakat Indonesia berhak mendapatkan hak-hak dasarnya dalam bidang kesejahteraan sosial dan pelayanan social,” uangkapnya.

Menurutnya, UPSK merupakan salah satu alternatif model rehabilitasi untuk mendekatkan pelayanan sosial kepada para penyandang disabilitas tersebut, hal ini dikarenakan sebagian besar penyandang disabilitas berada di pedesaan, sehingga diharapkan tidak seorangpun dari mereka tertinggal dari pembangunan.

Dikatakannya, kurangnya pelayanan sosial terhadap penyandang disabilitas disebabkan berbagai faktor, salah satunya yaitu faktor ekonomi keluarga yang menyebabkan keterbatasan dalam memberikan perhatian penuh kepada penyandang disabilitas, untuk itu peran tenaga rehabilitas berbasis masyarakat untuk membantu para keluarga penyandang disabilitas harus terus dioptimalkan, sehingga para penyandang disabilitas mendapat pelayanan sosial yang lebih baik lagi.

“Selain itu, kepada orang-orang terdekat khususnya para orang tua, saya berharap untuk tetap terus tabah, sabar dan semangat dalam memberikan motivasi kepada anak-anak yang menyandang disabilitas, sehingga dengan kelebihan yang diberikan Allah ia dapat berkiprah di tengah-tengah masyarakat.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten PPU Bagenda Ali menambahkan, UPSK adalah Unit pelayanan yang bergerak menjangkau tempat-tempat penyandang disabilitas atau penyandang masalah kesejahteraan sosial yang sampi ketingkat desa dan kelurahan agar dapat memperoleh pelayanan dan mendapatkan kondisi terbaik bagi penyandangnya.

Pelaksanaan unit pelayanan ini merupakan kegiatan Dinas Provinsi Kalimatan Timur (Kaltim) yang berkolaborasi dengan Dinas Sosial Kabupaten PPU, jumlah penyandang disabilitas di Kabupaten PPU tercatat berjumlah 618 orang, dengan demikian Pemerintah Kabupaten PPU akan memberikan Bantuan sosial yang rencananya akan direalisasikan tahun ini juga.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Kaltim Khairusl Sholeh mengatakan, rehabilitasi social bagi penyandang disabilitas melalui UPSK bagi penyandang disabilitas bertujuan agar dapat memberikan pelayanan sosial kepada setiap orang yang mengalami keterbatasan fisik, mental, dan sensorik dalam jangka waktu yang lama.

Dijelaskannya, Undang-undang Nomor 18, TAhun 2018 meneyebutkan bahwa penyandang disabilitas memiliki hak hidup bebas dari stigma, perlindungan hukum, pekerjaan, pendidikan, kesehatan, keagamaan, kegiatan sosial, pelayanan public, eksibilitas perlindungan dari bencana dan rehabilitasi dan lain-lain.

“Pemerintah Provinsin Kaltim telah mengapresiasi penyandang disabilitas melalui bantuan daerah yang diatur Undang-undang Nomor 1, Tahun 2018, Tentang perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas, yang menjadi asalah satu agenda prioritas bagi gubernur KAltim yang telah memprogramkan kepada penyandang disabilitas,” ungkapnya

Sedangkan Panitia Penyelenggara UPSK Kabupaten PPU Hasanah Arifuddin kegitan  bagi penyandang disabilitas Merupakan rangkain kegiatan assesment berkelanjutan dimulai dari assesment pekerjaan social, psikolog, dokter dinas social provinsi dan dinas social kabupaten kota, dimana kegiatan tersebut diikuti penyandang disabilitas dari perwakilan 4 kecamatan di PPU, kegiatannya berlangsung selama 4 hari, diikuti 120 peserta proforsi berbagai kegiatan antara lain, latihan BLK dan Pelayanan, kewirausahaan dan penyuluhan. (Helena/humas8)

About admin

Kasi Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Kab. Penajam Paser Utara

View all posts by admin →