PEMUTIHAN IMB TAHUN 2019 MENARGETKAN 4000 IMB

Penajam, Maksud dari Pemutihan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) ini untuk menumbuhkan kesadaran Kepada Masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara (Kab. PPU) arti penting IMB itu harus dimiliki Masyarakat agar bangunan mereka memiliki Legalitas secara Hukum dan begitu juga dengan adanya IMB ini maka Pendapatan Asli Daerah akan bertambah. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Drs. Fernando, Rabu (21/8).

Fernando menjelaskan bahwa Bangunan yang mendapatkan izin Pemutihan IMB ini adalah bangunan rumah Mayarkat dengan klasifikasinya 250 perkan yang jadi Kewenangan pihak Kecamatan melalui Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN), dan yang diatas 250 Perkan menjadi kewenangan DPMPTSP. Sedangkan untuk Bangunan dalam bentuk badan usaha wajib memiliki izin berupa Upaya pengelolaan Lingkungan Hidup (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UPL) serta analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) tidak termasuk dalam Pemutihan IMB tersebut.

Fernando mengakatakan, dari 1 Agustus sampai tanggal 21 Agustus ini sudah ada 94 yang  mendaftarkan IMB di Kab. Penajam Paser Utara (PPU).

“dari Kecamatan Penajam yang sudah masuk ada 50 pendaftar IMB,  Kecamatan Sepaku 25 Pendaftar IMB, dan Kecamatan Waru 19 Pendaftar IMD yang sudah dalam proses” ucap Ferbnando

Fernando mengharapkan dalam jangka waktu 5 (lima) Bulan mulai 1 Agustus hingga 31 Desember ini, dipertengahan bulan Oktober target yang diupayakan harus mencapai 2000 karena target dalam 5 bulan ini harus mencapai 4000 pendaftar IMB di seluruh Kab. PPU.

Menurut Fernando, ini kesempatan Masyarakat PPU mendapatkan perhatian karena ini suatu kebijakan Pemerintah Kab. PPU memberikan kemudahan Kepada Masyarakat agar mempunyai Legalitas secara Hukum terhadap bangunannya.

“Alangkah sangat disayangkan jika langkah Pemerintah dalam Pemutihan IMB ini tidak dimanfaatkan sebaik-baiknya, sebab di Tahun 2020 Pemerintah Kab. PPU akan mengambil langkah yang tegas, jika bangunan itu tidak ada IMB nya maka akan dilakukan Pembongkaran yang sebelumnya sudah pernah disampaikan Bupati Penajam Paser Utara” tegas Fernando

Fernando menghimbau Kepada seluruh Masayarakat Kab. PPU agar segera mendaftarkan IMB dari Bulan 1 Agustus sampai 31 Desember 2019. (Helena/Ozan)

About admin

Kasi Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Kab. Penajam Paser Utara

View all posts by admin →