99,46 PERSEN MASYARAKAT PPU TELAH MENIKMATI LISTRIK

Penajam, diskominfo – Diusianya yang tergolong masih muda di Kalimantan Timur (Kaltim), Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) telah mampu bersaing diberbagai bidang pembangunannya  dengan Kabupaten/Kota lainnya di Kaltim yang usianya terpaut jauh. Bahkan beberapa sektor pembangunan di PPU telah lebih maju dari kabupaten/kota di kaltim.

 

 

Kebutuhan listrik salah satunya. Hampir semua rumah tangga di Kabupaten PPU telah menggunakan listrik sebagai sumber penerangan. Bahkan berdasarkan data pada Badan Pusat Statistik (BPS) PPU tahun 2016, tercatat 99,46 persen masyarakat PPU telah menggunakan Penerangan listrik Negara atau PLN maupun non PLN .

“Padahal dibeberapa kabupaten yang ada di kaltim kami temui, masih banyak masyarakat disejumlah wilayah yang melihat tiang listrik saja belum pernah apalagi menikmati penerangan listrik. Alhamdulillah diusianya yang masih muda ini, kabupaten PPU hampir seratus persen masyarakatnya telah menikmati penerangan listrik PLN, “ kata Yusran Aspar saat ditemui, Selasa, (26/9) belum lama ini.

 

 

Berdasarkan data pada BPS PPU, jumlah pelanggan PLN di Kabupaten PPU tahun 2016 lalu mencapai 36.109 pelangan. Jika dibanding tahun sebelumnya, angka ini mengalami kenaikan hingga lebih dari 7 persen. Kenaikan jumlah pelanggan ini diikuti dengan kenaikan produksi. Selama tahun 2016 produksi listrik PLN Kabupaten PPU naik hampir 7 juta Kwh atau 7,43 persen dibanding tahun 2015 lalu. 

 “Oleh karena itu kita di PPU patut bersyukur aliran listrik PLN kini telah  dirasakan oleh hampir seluruh masyarakat PPU. Masyarakat wilayah hingga pelosok desa yang ada diseluruh kabupaten PPU pun kini tidak ada yang  gelap-gulita karena telah dialiri PLN secara merata, “ungkapnya.

 

 

Semua itu lanjut Yusran, merupakan sebuah prestasi daerah yang patut diapresiasi. Pemerataan pembangunan telah jelas terlihat diseluruh wilayah yang ada di Kabupaten PPU. Pembangunan  jalan desa, jalan tani, saluran air termasuk Pembangunan listrik di seluruh wilayah PPU hasilnya telah dapat  dirasakan oleh masyarakat.

“Alhamdulillah pelaksanaan pembangunan telah merata dan  hampir semua dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat PPU, “ujarnya.

 

 

Sementara saat dikonfirmasi sejumlah masyarakat diwilayah pelosok PPU mengatakan bangga dan berterimakasih kepada pemerintah daerah, karena masyarakat PPU hingga pinggiran seperti dirinya telah merasakan aliran listrik. Ungkapan rasa syukur itu salah satunya disampaikan warga desa Bangun Mulya kecamatan Waru, mbah Karso. Dirinya mengatakan memang berdomisili jauh dari pusat kota kecamatan, namun ia tetap bersyukur karena di desa tempat tingal dirinya dan warga yang lain telah dialiri PLN.

“Walaupun lingkungan masyarakat kami berada dipinggir desa, namun alhamdulillah bila malam hari terang karena PLN sudah masuk kesini, kami merasa sangat bersyukur sekali, “ ungkap mbah Karso. (Helena)