Kab. PPU Terima Bantuan Mobil Perpustakaan Keliling

Penajam, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara  (PPU) menerima bantuan dari Perpustakaan Nasional RI berupa satu unit kendaraan mobil perpustakaan keliling. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Pusat Preservasi Bahan Pustaka Perpustakaan Nasional, Sri Mekar,  dan diterima Wakil Bupati Penajam Paser Utara Mustaqim MZ di halaman Kantor Bupati PPUKamis (8/2).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten PPU menjelaskan, bahwa pihaknya sejak  tahun 2016 telah mengajukan permohonan bantuan kendaraan roda empat ke Perpustakaan Nasional untuk dipergunakan sebagai mobil perpustakaan keliling, dan permohonan tersebut terealisasi tahun ini.

Di Kalimantan Timur ada dua Kabupaten yaitu Kabupaten PPU dan Kabupaten Berau yang memperoleh bantuan mobil perpustakaan keliling dari Perpustakaan Nasional. Mobil tersebut dilengkapi dengan fasilitas jaringan internet, TV 32 inci, layar proyektor, genset dan sekitar 400 judul buku.

“Dengan adanya mobil ini kami bisa lebih efektif dan optimal dalam pelayanan kepada masyarakat karena sebelumnya kami menggunakan mobil yang dimodifikasi untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat. Mobil layanan ini merupakan mobil tercangih selama pelayanan,” ungkap Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten PPU, M Riduan Efendi.

 

Wabup Mustakim menyebutkan mobil perpustakaan keliling ini adalah sebuah media edukasi, informasi, dan hiburan bagi masyarakat PPU. Dia berharap mobil ini memiliki nilai tambah, khususnya bagi pelajar di lingkungan sekolah untuk meningkatkan minat baca dan menambah pengetahuan. Sebab, tambahnya, buku adalah pintu ilmu pengetahuan.

“Gunakanlah waktu luang kita untuk membaca karena dengan membaca maka akan meningkatkan kualitas SDM kita,” tambahnya. (Helena/Humas05).