Penajam, Formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) sudah terbit. Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) segera menetapkan jumlah formasi tersebut melalui Surat Keputusan (SK) Bupati. Pasalnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) memberi jatah CPNS untuk PPU sebanyak 160 formasi.

 

Berdasarkan Keputusan Menteri PANRB Nomor 423 Tahun 2018 tentang Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemkab PPU Tahun 2018, yang ditandatangani Menteri Syafruddin pada 30 Agustus 2018 tersebut, menerangkan jumlah tenaga pendidikan yang disetujui sebanyak 107 formasi dan tenaga kesehatan sebanyak 27 formasi. Sisanya tenaga teknis 26 formasi yang disetujui.

 

Dari usulan sebelumnya sebanyak 42 formasi. Informasi tersebut diterima saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Kepegawaian Nasional (BKN) di Jakarta pada Jumat (6/9). “Jadi setelah SK bupati (formasi CPNS) terbit, kami akan menyampaikan ke MenPAN-RB. Sebagai persiapan pelaksanaan seleksi yang diperkirakan dimulai 19 September 2018,” kata Kepala BKPP Surodal Santoso kemarin (10/9).

BKPP pun telah mengajukan anggaran sekira Rp 600 juta untuk pelaksanaan seleksi CPNS tahun ini. Yang akan dialokasikan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2018 untuk proses pendaftaran, kepanitiaan, seleksi, hingga penetapan nomor identitas pegawai (NIP). Dengan tempat pelaksanaan di Balikpapan, yang akan dipandu oleh Kantor BKN Regional VIII Banjarmasin.

“Nanti (BKPP) PPU tugasnya hanya melaksanakan verifikasi pendaftaran. Pelamar mendaftar menggunakan portal nasional, kemudian kita memverifikasi berkasnya secara online dan offline. Sebab, berkas fisiknya tetap harus disampaikan saat pendaftaran,” ujar pria ramah ini.

 

Surodal menambahkan, persiapan tim seleksi daerah sudah hampir rampung. Kantor BKN Regional VIII Banjarmasin telah melakukan pembekalan terhadap staf BKPP yang tergabung dalam tim seleksi tersebut, beberapa waktu lalu. Pembekalan selanjutnya akan kembali dilaksanakan pada 16 September 2018.

“Jadi, secara teknis, tim yang ada di (BKPP) PPU sudah siap. Tinggal menunggu SK penetapan tim yang ditandatangani bupati. Diketuai Pak Sekda (Sekretaris Kabupaten/Sekkab PPU, Tohar),” tandasnya.

 

Sebelumnya, formasi CPNS yang diusulkan BKPP PPU sebanyak 107 formasi tenaga pengajar untuk jenjang pendidikan SD dan SMP, lalu 27 orang formasi tenaga kesehatan, terdiri dari dokter dan tenaga medis, serta 42 orang tenaga teknis umum untuk bagian infrastruktur. Jika dijumlahkan formasi yang diusulkan sebanyak 176 formasi. (KP/Helena)