PPU Akan Menjadi Tuan Rumah Kirab Pemuda Nasional 2018

Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (Kab. PPU) akan menjadi tuan rumah perhelatan akbar Kirab Pemuda Nasional 2018. Hal ini mengemuka saat digelar rapat antara Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Provinsi Kalimantan Timur (Prov. Kaltim) dengan pihak Disdikpora Kab. PPU hari ini, Selasa (3/7) di ruang Kepala Disdikpora Kab. PPU.

Dalam rapat, Kepala Seksi Peningkatan Kreatifitas Pemuda Disdikpora Prov Kaltim, Bahri, mengatakan bahwasanya Kab. PPU di pilih menjadi Tuan Rumah Kirab Pemuda Nasional tahun 2018 adalah untuk mempromosikan potensi-potensi yang ada di Kab. PPU baik potensi seni, budaya dan pariwisata maupun juga potensi-potensi lainnya sekaligus untuk memperkenalkan Kab. PPU kepada masyarakat luas secara nasional.
“yang menunjuk Kab. PPU sebagai Tuan Rumah Kirab Pemuda Nasional 2018 adalah Kementerian Pemuda dan Olahraga, dengan pertimbangan bahwa Kab. PPU kaya akan potensi seni, budaya dan pariwisata karena Kirab Pemuda itu sendiri merupakan kegiatan nasional yang materinya terdiri pawai budaya, pentas seni dan budaya serta ada kegiatan explore potensi pariwisata.” Jelas Bahri.

Ia juga menjelaskaskan bahwa Kirab Pemuda ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda tahun 2018. Jumlah peserta Kirab Pemuda itu sendiri ada sekitar 50 Orang yang berasal dari Pemuda dan Pemudi seluruh Provinsi yang ada di Indonesia. Titik kegiatan Kirab Pemuda Nasional akan mengambil lokasi di Desa Bangun Mulya Kecamatan Waru Kab. PPU bertepatan dengan Buen Festival 3 yang akan diselenggarakan tanggal 28-30 Oktober 2018 dan akan dihadiri oleh Menteri Pendidikan, Pemuda dan Olahraga dan Gubernur Kaltim.
“Peserta Kirab Pemuda nantinya akan di inapkan di rumah-rumah penduduk Desa Bangun Mulya. Mereka akan membaur bersama Masyarakat selama pelaksanaan acara Buen Festival 3 dan di barengi dengan kegiatan bakti sosial juga.” Harapnya.

Bahri juga menambahkan bahwa Kirab Pemuda pada tahun ini harus lebih bergaung. Kampanyenya harus lebih viral di media jejaring sosial dan media massa.
“untuk kami berharap kerjasama dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. PPU untuk membantu menyampaikan informasi ini kepada teman-teman media cetak mamupun media elektronik yang ada di Kab. PPU”  pinta Bahri.

Ditempat yang sama, Kepala Disdikpora Kab. PPU melalui Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Suparman menyampaikan pada dasarnya Disdikpora Kab. PPU siap menjadi tuan rumah Kirab Pemuda Nasional 2018.

“maka dari itu kita sudah lakukan beberapa hal seperti rapat dengan pihak-pihak terkait yakni dengan Aparat Desa Bangun Mulya dan teman-teman Panitia Buen Festival 3, karna kita sangat berharap bahwa kegiatan ini Insya Allah bisa berkolaborasi dengan Buen Festival 3 nantinya.  Dan Alhamdulillah tadi kita sudah rapat dan menghasilkan keputusan bahwa kirab dan buen festival akan di kolaborasikan pada jadwal yg sudah sama-sama di sepakati.” jelas Suparman.

Suparman juga menambahkan bahwa hasil kesepakatan rapat pada hari ini langsung dilaporkan ke Asisten 3 Bupati.

“Beliau sangat merespon dan mendukung acara ini dan beliau berpesan bahwa koordinasikan secepatnya ke semua stakholder terkait agar kegiatan ini berjalan dengan baik dan sukses sehingga kita dapat memperkenalkan daerah kita baik dari segi kebudayaan, kegotongroyongan , kebersamaan dan akan bermuara kepada persatuan dan kesatuan bahwa kita adalah satu yakni Indonesia.” pungkasnya. (Helena)